HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Standar Pelayanan Pengadilan

 LAMPIRAN:    Keputusan Ketua  Pengadilan Negeri Bekasi Kelas IA Khusus    

  Nomor   : W11.U5/ 20 /OT.00/6/2020     

  Tanggal : 2 Juni 2020    

 

 

1. KETENTUAN UMUM 

A. Tujuan 

1. Meningkatkan kualitas pelayanan pengadilan bagi pencari keadilan dan masyarakat.

 2. Meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada lembaga peradilan. 

B. Maksud  

1. Sebagai bagian dari komitmen pengadilan kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.

2. Sebagai pedoman bagi masyarakat dalam menilai kualitas pelayanan pengadilan.

3. Sebagai tolok ukur bagi satuan kerja dalam penyelenggaraan pelayanan. 

C. Ruang Lingkup 

1. Pelayanan pengadilan yang diatur di dalam Standar Pelayanan Pengadilan ini adalah pelayanan pengadilan pada  Pengadilan Negeri Bekasi Kelas IA Khusus   .

2. Standar Pelayanan ini memuat:

a. Dasar Hukum

b. Sistem Mekanisme dan Prosedur

c. Jangka waktu

d. Biaya atau Tarif

e. Produk Pelayanan

f. Sarana Pelayanan

g. Kompetensi Pelaksanaan   

3. Secara Umum Pengadilan menyediakan pelayanan sebagai berikut:    

a. Pelayanan Administrasi Persidangan    

b. Pelayanan Bantuan Hukum    

c. Pelayanan Pengaduan    

d. Pelayanan Permohonan Informasi

4. Segala ketentuan mengenai teknis acara atau yang berkaitan dengan Putusan pengadilan bukanlah obyek dari pelayanan pengadilan dan oleh karenanya tidak termasuk dalam ruang lingkup pelayanan pengadilan yang dapat diadukan oleh masyarakat. 

 D. Pengertian 

1. Pelayanan publik adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan dasar sesuai dengan hak-hak sipil setiap warga Negara dan penduduk atas suatu barang dan jasa atau pelayanan administrasi yang diselenggarakan oleh penyelenggara pelayanan publik.

2. Standar pelayanan publik adalah suatu tolok ukur yang dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai komitmen atau janji dari penyelenggara pelayanan kepada masyarakat untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.

3. Pelayanan Pengadilan adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan bagi masyarakat, khususnya pencari keadilan, yang disediakan oleh Pengadilan Negeri Bekasi Kelas IA Khusus   berdasarkan  peraturan perundang-undangan dan prinsip-prinsip pelayanan publik

4. Penyelenggara pelayanan pengadilan yang selanjutnya disebut penyelenggara adalah setiap satuan kerja yang melakukan kegiatan pelayanan pengadilan.

5. Pelaksanan pelayanan pengadilan yang selanjutnya disebut Pelaksana adalah pejabat, pegawai dan setiap orang yang bertugas melaksanakan tindakan atau serangkaian tidakan pelayanan pengadilan.

6. Masyarakat adalah seluruh pihak, baik warga Negara maupun penduduk sebagai orang perseorangan, kelompok, maupun badan hukum yang berkedudukan sebagai penerima manfaat pelayanan pengadilan, baik secara langsung maupun tidak langsung;

7. Hari adalah hari kerja kecuali disebutkan lain dalam ketentuan ini. 

E. Pejabat Penanggung Jawab Pelayanan Pengadilan 

1.  Pejabat Penanggung jawab pelayanan pengadilan terdiri dari: 

a. Penyelenggara pelayanan pengadilan 

b. Pelaksanan pelayanan pengadilan.

2. Pelaksana dalam menyelenggarakan pelayanan publik harus berperilaku sebagai berikut: 

a. adil dan tidak diskriminatif; 

b. cermat; 

c  santun dan ramah; 

d.  tegas, andal dan tidak memberikan putusan yang berlarut-larut; 

e. professional

f. tidak mempersulit 

g. patuh pada perintah atasan yang sah dan wajar; 

h. menjunjung tinggi nilai-nilai akuntabilitas dan integritas penyelenggara; 

i. tidak membocorkan informasi atau dokumen yang wajib dirahasiakan sesuai dengan peraturan peradilan dan perundang-undangan yang berlaku; 

j. terbuka dan mengambil langkah yang tepat untuk menghindari benturan kepentingan; 

k. tidak menyalahgunakan sarana dan prasarana serta fasilitas pelayanan publik; 

l. tidak memberikan informasi yang salah atau menyesatkan dalam menanggapi permintaan informasi serta proaktif dalam memenuhi kepentingan masyarakat; 

m. tidak menyalahgunakan informasi, jabatan, dan/atau kewenangan yang dimiliki; sesuai dengan kepantasan; dan 

n. tidak menyimpang dari prosedur. 

F. Penilaian Kinerja Pelayanan Publik. 

1. Penyelenggara berkewajiban melakukan penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan pengadilan pada satuan kerjanya secara terstruktur dan berkala.

2. Mahkamah Agung melakukan penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan publik pada seluruh satuan kerja secara terstruktur dan berkala.

3. Penilaian kinerja pelayanan pengadilan dilakukan dengan menggunakan indikator kinerja yang akan disusun oleh Mahkamah Agung berdasarkan standar pelayanan pengadilan.

G. Pelaksanaan Standar Pelayanan pada Satuan Badan Peradilan. 

1.    Standar Pelayanan Pengadilan  pada Pengadilan Negeri Bekasi Kelas IA Khusus  disusun sesuai dengan kondisi pada masing-masing bagian dan kebutuhan masyarakat.

2.     Penyusunan Standar Pelayanan Pengadilan pada Pengadilan Negeri Bekasi Kelas IA Khusus  disusun dengan mempertimbangkan luas wilayah hukum, moda transportasi, kebutuhan masyarakat, kemampuan pengadilan, terutama dalam menentukan waktu, besaran biaya dan sarana prasarana yang disediakan. 

3.    Penyusunan Standar Pelayanan Pengadilan pada Pengadilan Negeri Bekasi Kelas IA Khusus  dilakukan dengan mngkikut sertakan masyarakat dan pemangku kepentingan.

4.    Penyusunanan standar pelayanan pengadilan pada Pengadilan Negeri Bekasi Kelas IA Khusus dilakukan dengan berpedoman pada UU pelayanan publik, dan standar Pelayanan Pengadilan. 

 

II. STANDAR PELAYANAN UMUM  

A. Pelayanan Persidangan 

1. Sidang Pengadilan dimulai jam 08.00 – 16.30.WIB.  Dalam hal sidang tertunda pelaksanannya, maka pengadilan akan memberikan informasi mengenai alasan penundaaan kepada para pencari keadilan maupun masyarakat umum.   

2. Pemanggilan kepada para pihak dapat dilakukan dengan cara pemanggilan para pihak oleh Petugas Piket Pengadilan agar masuk ke ruang sidang untuk pemeriksaan perkara.

3. Pengadilan wajib mengumumkan jadwal sidang kepada masyarakat pada papan pengumuman, situs resmi pengadilan dan media lainnya yang mudah dilihat masyarakat.

4. Pengadilan wajib menyediakan juru bahasa atau penterjemah untuk membantu pencari keadilan yang tidak memahami bahasa Indonesia atau memiliki kebutuhan khusus untuk mengikuti jalannya persidangan. Untuk mendapatkan layanan tersebut, masyarakat dapat mengajukan Surat Permohonan yang ditujukan kepada Ketua Majelis Hakim sebelum hari sidang dimulai, atau dapat mengajukan secara lisan di hadapan Majelis Hakim.

5. Pengadilan wajib memutus dan termasuk melakukan pemberkasan (minutasi) perkara pada Pengadilan Tingkat Pertama dalam jangka waktu maksimal 6 (enam) bulan terhitung sejak perkara didaftarkan.

6. Pencari keadilan dan masyarakat berhak memperoleh informasi dari Pengadilan mengenai perkembangan terakhir dari permohonan atau perkaranya melalui meja informasi, situs pengadilan atau media informasi lainnya. 

B. Jangka Waktu Penyelesaian

       Pengadilan Negeri Bekasi kelas 1A Khusus menyusun, menetapkan, dan menerapkan Standar Waktu Pelayanan. Dalam menyusun standar waktu pelayanan mengikut serta mengacu pada ketentuan teknis yang telah ditetapkan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Standar Operasional Pelayanan (SOP) Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) terlampir.

 

C. Biaya Perkara 

1. Masyarakat tidak dikenai biaya untuk mendapatkan layanan pengadilan pada perkara pidana.

2. Besarnya panjar biaya perkara ditetapkan melalui surat Keputusan oleh Ketua Pengadilan Negeri Bekasi Kelas IA Khusus  No. W11.U5/2108.HT.01.10/III/2019  tanggal 28 Maret 2019  dan telah diumumkan melalui papan pengumuman dan melalui website.

3. Masyarakat dikenakan biaya untuk proses perkara perdata. Besarnya panjar biaya perkara ditetapkan dalan Surat KeteranganUntuk Membayar (SKUM). Pihak pemohon  atau Penggugat tidak akan diminta untuk membayar apapun yang tidak tertera dalam SKUM.

4. Penentuan besar kecilnya panjar biaya perkara perdata didasarkan pada banyaknya jumlah para pihak yang berperkara dan jauh dekatnya jarak tempuh ketempat para pihak yang  berperkara dan jauh dekatnya jarak tempuh ketempat para pihak yang dipanggil serta biaya administrasi yang dipertanggungjawabkan dalam putusan. (sesuai radius)

5. Masyarakat dapat melakukan pembayaran biaya perkara melalui Bank BTN Cabang Bekasi dengan No Rekening 00016.01.30.002251.9, Pegawai Pengadilan Negeri Bekasi Kelas IA Khusus  tidak dibenarkan menerima pembayaran biaya perkara langsung dari pihak berperkara (SEMA No. 4/2008).

6. Pengadilan hanya akan meminta penambahan biaya perkara dalam hal panjar yang telah dibayarkan telah tidak mencukupi.

7. Pengadilan wajib memberitahu dan mengembalikan kelebihan biaya perkara yang tidak terpakai dalam proses berperkara. Bilamana biaya  tersebut tidak diambil dalam waktu 6 (enam) bulan setelah pihak yang bersangkutan diberitahu maka uang tersebut akan disetorkan ke Kas Negara dan tidak dapat diambil lagi oleh pihak berperkara (SEMA No. 4/2008)

8. Pengadilan menetapkan biaya pendaftaran upaya hukum banding dalam SKUM yang terdiri dari biaya pencatan pernyataan banding, biaya banding yang ditetapkan oleh Ketua Pengadilan Tinggi, biaya pengiriman uang melalui bank/kantor pos, ongkos kirim berkas dan biaya pemberitahuan berkas perkara kepada para pihak melalui Bank BTN dengan No Rekening 00006.01.30.0013282.

9. Penyelenggara Layanan Pengadilan akan menetapkan biaya pendaftaran upaya hukum kasasi ditentukan dalam SKUM, yang terdiri dari biaya pencatatan

10. Pernyataan kasasi, biaya kasasi yang ditetapkan Ketua Mahkamah Agung, biaya pengiriman uang melalui bank ke rekening Mahkamah Agung, ongkos kirim berkas dan biaya pemberitahuan kepada para pihak.

11. Biaya permohonan kasasi untuk Mahkamah Agung harus dikirm oleh pemegang kas melalui Virtual Account  atas nama Kepaniteraan mahkamah Agung RI dengan menggunakan blanko khusus setoran Biaya Perkara Mahkamah Agung dan bukti pengirimannya dilampirkan dalam berkas perkara yang bersangkutan.

12. Pengadilan akan menetapkan biaya pendaftaran upaya hukum peninjauan kembali yang ditetapkan oleh Ketua Mahkamah Agung, biaya pengiriman uang melalui bank, ongkos kirim berkas, biaya pemberitahuan. 

D. Pelayanan Bantuan Hukum

      (PERMA Nomor 01 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi Masyarakat Tidak Mampu) 

1. Masyarakat dapat menggunakan layanan bantuan hukum yang tesedia pada setiap kantor pengadilan.

2. Pengadilan menyediakan Pos Bantuan Hukum (Posbakum) yang mudah diakses oleh pihak-pihak yang tidak mampu.

3. Pengadilan menyediakan Advokat Piket (bekerjasama dengan lembaga penyedia bantuan hukum) yang bertugas pada Posbakum dan memberikan layanan hukum sebagai berikut:

a. Bantuan pengisian formulir permohonan bantuan hukum

b. Bantuan pembuatan dokumen hukum

c. Advis, konsultasi hukum dan bantuan hukum lainnya baik dalam perkara pidana maupun  perkara perdata

d. Rujukan kepada Ketua Pengadilan Negeri untuk pembebasan pembayaran biaya perkara sesuai syarat yang berlaku.

4. Pengadilan memberikan layanan pembebasan biaya perkara (prodeo) kepada pihak-pihak yang tidak mampu dengan mengajukan permohonan kepada Ketua Pengadilan atau kepada Ketua Majelis Hakim dilampiri keterangan syarat-syarat tidak mampu (KMS, JAMKESMAS)

5. Penggugat berhak mendapatkan semua jenis pelayanan secara cuma-cuma yang berkaitan dengan pemeriksaan perkara prodeo. Komponen biaya prodeo meliputi antara lain: biaya pemanggilan, biaya pemberitahuan isi putusan, biaya saksi/saksi ahli, biaya meterai, biaya alat tulis kantor, biaya penggandaan/fotokopi, biaya pemberkasan dan biaya-biaya pengiriman berkas.

6. Bagi masyarakat yang tidak mampu dapat mengajukan surat permohonan berperkara secara prodeo (cuma-cuma) dengan mencantumkan alasan-alasannya kepada Ketua Pengadilan dengan melampirkan:

a. Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Lurah/Kepala Desa setempat; atau

b. Surat Keterangan tunjangan sosia; lainnya seperti Kartu Keluarga Miskin atau Kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) atau kartu Program Keluarga Harapan (PKH) atau Kartu Bantuan Langsung Tunai (BLT).

c. Surat pernyataan tidak mampu yang dibuat dan ditandatangani pemohon bantuan hukum dan diketahui oleh Ketua Pengadilan Negeri.

7. Jika pemohon prodeo tidak dapat menulis atau membaca maka permohonan beracara secara prodeo dapat diajukan secara lisan dengan menghadap Ketua Pengadilan.

8. Prosedur permohonan berperkara secara prodeo:

a.    Permohonan diajukan secara lisan atau  tertulis kepada Ketua Pengadilan Tingkat Pertama dengan dilampiri dokumen pendukung.

b.    Dalam tenggang waktu 14 (empat belas) hari sejak permohonan itu dicatat oleh Panitera, Hakim yang ditunjuk (Hakim yang menyidangkan pada tingkat pertama) memerintahkan Panitera untuk memberitahukan permohonan itu kepada pihak lawan dan memerintahkan untuk memanggil kedua belah pihak supaya datang di muka Hakim untuk dilakukan pemeriksaaan tentang ketidak mampuan Pemohon.

c.    Dalam tenggang waktu paling lambat 7 (tujuh) hari setelah pemeriksaan Pengadilan Tingkat Pertama mengirimkan berita acara hasil pemeriksaan dilampiri permohonan ijin beracara secara prodeo dan dokumen pendukung, ke Pengadilan, yang berwenang memutus perkara yang dimohonkan tersebut untuk diputus apakah dikabulkan atau tidak.

d.    Jika permohonan diangggap memenuhi syarat maka diberikan penetapan ijin berperkara secara prodeo. Ijin beracara secara prodeo diberikan Pengadilan atas perkara yang diajukan pada tingkatan pengadilan negeri saja.

e.    Jika ternyata pemohon orang yang mampu maka dibeikan penetapan tidak dapat beracara secara prodeo dan pemohon harus membayar biaya seperti layaknya berperkara secara  umum.

9. Pengadilan menyediakan angggaran untuk biaya perkara prodeo dengan memperhatikan anggaran yang tersedia. Ketersediaan anggaran tersebut diumumkan kepada masyarakat secara berkala melalui papan pengumuman Pengadilan atau media lain yang mudah diakses. 

E. Pelayanan Pengaduan 

1. Dasar Hukum:

a. SK.KMA Nomor: 076/KMA/SK/VI/2001 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

b. SK KMA Nomor 080/KMA/SK/VIII/2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengawasan di Lingkungan Lembaga Peradilan.

2. Pengadilan menyediakan meja pengaduan untuk menerima pengaduan dari masyarakat atau pencari keadilan tentang mengenai penyelenggaraan peradilan termasuk pelayanan publik dan atau perilaku aparat pengadilan. Meja pengaduan tidak menerima pengaduan yang terkait dengan isi dari putusan atau tentang substansi perkara dan pengaduan  tentang fakta atau peristiwa yang terjadi lebih dari 2 (dua) tahun sebelum pengaduan diterima. Khusus untuk pengaduan tentang pelayanan pengadilan harus disampaikan selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sejak pengadu menerima layanan pengadilan.

3. Masyarakat dapat menyampaikan Pengaduan melalui meja pengaduan, situs Badan Pengawasan MA (http://bawas.mahkamahagung.go.id/web_bawas) atau melalui pos dengan mengisi formulir pengaduan secara tertulis dan melampirkan buktibukti yang diperlukan.

4. Petugas meja pengaduan akan memberikan tanda terima yang berisi nomor pengaduan yang dapat digunakan oleh pelapor untuk mendapatkan informasi mengenai status pengaduannya. Dalam hal pengaduan dilakukan melalui pos, maka petugas pengaduan memberitahukan pelapor perihal pengaduan telah diterima dengan memberikan nomor agenda.

5. Pengadilan wajib menyampaikan informasi mengenai status pengaduan kepada pelapor dalam waktu selambat-lambatnya 10 (sepuluh) hari kerja sejak pengaduan disampaikan, selanjutnya pelapor berhak mendapatkan informasi mengenai perkembangan status pengaduannya. Dalam hal pengaduan dilakukan melalui pos, maka jangka waktu 10 (sepuluh) hari kerja berlaku sejak tanggal pemberitahuan telah diterimanya surat pengaduan oleh Badan Pengawasan atau Pengadilan Tingkat Banding. 

6. Pengadilan wajib memeriksa dan memberitahukan status pengaduan kepada pelapor selambat-lambatnya dalam waktu 90 (sembilan puluh) hari kerja sejak pengaduan didaftar di agenda pengaduan Badan Pengawasan atau Pengadilan Tingkat Banding, Dalam hal pemeriksaan belum selesai dilakukan dalam jangka waktu tersebut maka pengadilan wajib memberitahukan alasan penundaaan tersebut kepada pelapor melalui surat. 

F. Pelayanan Informasi. 

1. Dasar Hukum:

a. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik

b. SK KMA Nomor 144/KMA/SK/III/2001 tentang Keterbukaan Informasi di Pengadilan c. SK KMA Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi Pengadilan.

2. Pengadilan menyediakan informasi antara lain mengenai:

a.    hak-hak para pihak yang berhubungan dengan peradilan, antara lain hak mendapat bantuan hukum, hak atas perkara cuma-cuma, serta hak-hak pokok dalam proses persidangan;

b.    tata cara pengaduan dugaaan pelanggaran yang dilakukan hakim dan pegawai;

c.    hak-hak pelapor dugaan pelanggaran hakim dan pegawai;

d.    tata cara memperoleh pelayanan informasi, dan;

e.    informasi lain yang berdasarkan SK 1-144 Tahun 2011 merupakan informasi publik.

3. Pengadilan menyediakan akses informasi terhadap putusan secara online atau melalui situs pengadilan, dengan melakukan proses pengaburan terhadap identitas pihak-pihak yang tercantum dalam putusan.

4. Masyarakat dapat mengajukan permohonan informasi melalui petugas pada Meja Informasi

5. Pengadilan memberikan jawaban dapat ditindak lanjuti atau tidaknya permohonan informasi selambat-lambatnya 6 (enam) hari kerja.

6. Pengadilan wajib memberikan informasi yang diminta selambat-lambatnya dalam jangka waktu 13 (tigabelas) hari kerja sejak permohonan informasi dimohonkan.

7. Pengadilan dapat meminta perpanjangan waktu bila diperlukan proses pengaburan informasi atau informasi yang diperlukan sulit ditemukan atau memiliki volume besar sehingga memerlukan waktu untuk menggandakannya.

8.   Pemohon dapat mengajukan keberatan jika Pengadilan menolak permohonan informasi yang diajukan, paling lambat 5 (lima) hari melalui meja informasi.

9.   Pengadilan akan memungut biaya penyalinan informasi dengan biaya yang wajar sesuai dengan standar wilayah setempat dan tidak memungut biaya lainnya.

 

III. STANDAR PELAYANAN PERSIDANGAN

A. DASAR HUKUM 

1. HIR/Rbg

2. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana

3. Undang-Undang Nomor 49 Tahun 2001 tentang Peradilan Umum.

4. Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2009 tentang Mahkamah Agung

5. Undang-Undang Nomor 48 Tahun 2009 tentang Kekuasaaan Kehakiman

6. SKMA Nomor KMA/032/SK/IV/2006 tentang Pemberlakuan Buku II Pedoman Pelaksanaan tugas dan Administrasi Pengadilan

7. Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 138/KMA/SK/IX/2009 tentang Jangka Waktu Penangguhan Perkara pada Mahkamah Agung Republik Indonesia.

8.    Keputusan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor: 026/KMA/SK/II/2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan.

9. PERMA Nomor 01 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi Masyarakat    Tidak Mampu;

10. PERMA Nomor 4 Tahun 2014 mengatur tentang Pedoman Pelaksanaan Diversi dalam Sistem Peradilan Pidana Anak.

11. PERMA Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana 12. PERMA No. 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan  

B. PERKARA PERDATA 

1. Pelayanan Permohonan.

a. Masyarakat dapat mengajukan Permohonan dalam bentuk tertulis atau lisan bila tidak dapat membaca dan menulis kepada Ketua Pengadilan Negeri.

b. Petugas Meja I pada Pengadilan wajib memberikan bukti register dan nomor urut setelah pemohon membayar panjar biaya perkara yang besarnya sudah ditentukan dalam SK Ketua Pengadilan dan dibuatkan SKUM.

c. Khusus  untuk permohonan pengangkatan / adopsi anak, masyarakat dapat mengajukan surat Permohonan kepada Ketua Pengadilan Negeri yang daerah hukumnya meliputi tempat tinggal anak yang hendak diangkat.

d. Pemohon yang tidak dapat membaca dan menulis dapat mendatangi Advokat Piket pada Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Pengadilan setempat yang akan membantu Pemohon untuk menyusun surat permohonannya.

e. Pengadilan akan mengirimkan panggilan sidang kepada Pemohon dan para pihak selambat lambatnya3 (tiga) hari sebelum sidang pertama.

f. Pengadilan wajib menyelesaikan proses permohonan selambat-lambatnya 1 (satu) bulan terhitung sejak sidang pertama. Bagi permohonan yang sifatnya sederhana (tidak ada termohon) diselesaikan dalam waktu selambat-lambatnya 2 (dua) minggu sejak sidang pertama (kecuali ditentukan lain dengan undangundang)

g. Pengadilan wajib memberikan penjelasan persoalan apa saja yang dapat diajukan permohonan.

h. Suatu penetapan atas suatu permohonan dapat diajukan kasasi. 

2. Pelayanan Gugatan

a. Masyarakat dapat mengajukan gugatan ke pengadilan melalui petugas Meja Pertama dengan meyerahkan surat gugatan, minimal 8 (delapan) rangkap. Untuk gugatan pertama  dengan tergugat lebih dari satu, maka surat gugatan diberikan sesuai jumlah Tergugat;

b. Masyarakat sedapat mungkin menyerahkan salinan lunak (soft copy) surat gugatan kepada pelaksana layanan pengadilan.

c.  Penggugat membayar biaya panjar berdasarkan surat Kuasa Untuk Membayar (SKUM) dari petugas Meja Pertama yang berisi informasi mengenai rincian panjar biaya perkara yang harus dibayar. Penggugat melakukan pembayaran panjar melalui bank yang ditunjuk oleh Pengadilan.

d. Penggugat wajib menyerahkan SKUM dan bukti pembayaran kepada Petugas  Meja Pertama untuk didaftarkan dan menerima tanda lunas beserta Surat Gugatan yang sudah dibubuhi cap tanda tangan pendaftaran dari petugas pada hari yang sama atau selambat-lambatnya 2 (dua) hari kerja.

e. Pengadilan dapat meminta penambahan biaya perkara dalam hal panjar yang telah dibayarkan tidak mencukupi. Penggugat dapat melakukan pembayaran Penambahan panjar biaya perkara dilakukan melalui bank yang ditunjuk oleh Pengadilan.

f.  Pengadilan wajib menetapkan hari sidang selambat-lambatnya 3 (tiga) hari kerja sejak perkara diterima oleh majelis hakim.

g. Pengadilan wajib menyelenggarakan pemeriksaan perkara (gugatan, jawaban, replik, duplik, pembuktian, kesimpulan, putusan, minutasi) diselesaikan dalam jangka waktu selambat-lambatnya 6 (enam) bulan semenjak perkara didaftarkan.

h. Para pihak akan mendapatkan surat pemanggilan sidang hari pertama dari pengadilan selambat-lambatnya 3 (tiga) hari sebelum sidang pertama. Penentuan hari sidang pertama sejak perkara diregister ditentukan berdasarkan jumlah tergugat dan domisili tergugat dari Pengadilan.

i.  Hakim wajib melakukan mediasi sebelum memeriksa perkara. Ketentuan tentang pelayanan mediasi dapat dilihat pada poin III.B.4 pada ketentuan ini.

j.   Penggugat dapat mengajukan permohonan mediasi setiap saat selama proses persidangan. Untuk mengajukan permohonan mediasi dapat mengacu pada poin III.B4 pada ketentuan ini.

k. Pengadilan menyediakan salinan putusan  kepada para pihak, paling lama 14 (empat belas) hari setelah putusan dibacakan dimuka persidangan. Bagi para pihak yang tidak hadir pada sidang pembacaan putusan. Pengadilan wajib memberitahukan paling lama 14 (empat belas) hari setelah putusan dibacakan di muka persidangan.  

3. Gugatan Perwakilan Kelompok (Class Action) 

a.  Dasar Hukum   PERMA Nomor 1 Tahun 2002 tentang Gugatan Perwakilan Kelompok

b. Masyarakat dapat mengajukan gugatan melalui mekanisme gugatan perwakilan kelompok (Class Action). Gugatan Perwakilan Kelompok diajukan dalam hal:

v Jumlah anggota kelompok semakin banyak sehingga tidak efektif dan effisien apabila gugatan dilakukan secara sendiri-sendiri atau secara bersama-sama dalam satu gugatan.

v Terdapat kesamaan fakta atau peristiwa dan kesamaan dasar hukum yang digunakan yang bersifat substansial, serta terdapat kesamaan jenis tuntutan diantara wakil kelompok dengan anggota kelompoknya.

v Wakil kelompok memiliki kejujuran dan kesungguhan untuk melindungi kepentingan anggota kelompok yang diwakilinya.

v Organisasi kemasyarakatan/ Lembaga Swadaya Masyarakat dapat mengajukan Gugatan untuk kepentingan masyarakat. Antara lain dalam perkara lingkungan dan perlindungan konsumen.

v Organisasi kemasyarakatan/ Lembaga Swadaya Masyarakat yang mengajukan gugatan untuk kepentingan umum harus memenuhi persyaratan yang ditentukan dalam undang-undang yang bersangkutan antara lain dalam Undang-Undang No. 23 Tahun 1997 tentang Pengelolaan Lingkungan Hidup atau Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 Pasal 1 angka 10 jo. Pasal 2 ayat (1) Peraturan Pemerintah no. 59 Tahun 2001 tentang Lembaga Perlindungan Konsumen.

c. Surat gugatan kelompok mengacu pada persyaratan-persyaratan yang diatur Acara Perdata yang berlaku, dan harus memuat:

v Identitas lengkap dan jelas dan perwakilan kelompok

v Identitas kelompok secara rinci tanpa menyebutkan nama anggota

v Identitas lengkap dan jelas wakil kelompok, tanpa menyebutkan nama kelompok anggota kelompok satu persatu.

v Identitas kelompok yang diperlukan dalam kaitan dengan kewajiban melakukan pemberitahuan. 

4. Gugatan Sederhana

Gugatan sederhana merupakan gugatan perdata dengan nilai gugatan materiil paling banyak Rp.500.000.000,- (lima ratus juta rupiah) yang diselesaikan dengan tata cara dan pembuktian yang sederhana.(PERMA Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Perubahan Atas PERMA Nomor 2 Tahun 2015 Tentang Tata Cara Penyelesaian Gugatan Sederhana)

1)    Prosedur Pengajuan Gugatan sederhana :

a.         Pendaftaran;

b.         Pemeriksaan kelengkapan gugatan sederhana;

c.         Penetapan hakim dan penunjukan panitera pengganti;

d.         Pemeriksaan pendahuluan;

e.         Penetapan hari sidang dan pemanggilan para pihak;

f.          Pemeriksaan sidang dan perdamaian;

g.         Pembuktian; dan

h.         Putusan

2)    Pihak Yang Dapat Mengajukan Gugatan Sederhana

Seluruh subyek hukum, baik orang perseorangan ataupun badan hukum, dapat mengajukan gugatan sederhana, asalkan tidak lebih dari satu kecuali memiliki kepentingan hukum yang sama.

3)    Mekanisme Pendaftaran Gugatan Sederhana

Penggugat mendaftarkan gugatannya di kepaniteraan pengadilan. Gugatan dapat ditulis oleh penggugat atau dengan mengisi blanko gugatan yang telah disediakan di kepaniteraan. Blanko gugatan berisi keterangan mengenai:

a.         Identitas penggugat dan tergugat;

b.         Penjelasan ringkas duduk perkara; dan

c.          Tuntutan penggugat.

Pada saat mendaftarkan gugatan, penggugat wajib melampirkan bukti surat yang sudah dilegalisasi.

4)    Perdamaian dalam Gugatan Sederhana

Dalam gugatan sederhana, hakim akan mengupayakan perdamaian dengan memperhatikan batas waktu yang telah ditetapkan (25 hari). Upaya perdamaian yang dimaksud mengecualikan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung mengenai prosedur mediasi. Jika tercapai perdamaian, hakim akan membuat putusan akta perdamaian yang mengikat para pihak. Terhadap putusan akta tersebut tidak dapat diajukan upaya hukum.

5). Upaya Hukum Keberatan

Upaya hukum terhadap putusan gugatan sederhana dapat dilakukan dengan mengajukan keberatan. Keberatan diajukan kepada ketua pengadilan dengan menandatangani akta pernayataan keberatan kepada panitera disertai alasan-alasannya.

Permohonan keberatan diajukan paling lambat 7 (tujuh) hari setelah putusan diucapkan atau setelah pemberitahuan putusan. Permohonan keberatan diajukan kepada ketua pengadilan dengan mengisi blanko permohonan keberatan yang disediakan di kepaniteraan.

Keberatan adalah upaya hukum terakhir sehingga putusan hakim di tingkat keberatan bersifat final. Artinya tidak dapat diajukan upaya hukum apapun termasuk banding, kasasi, dan peninjauan kembali.

6).  Lama Penyelesaian Keberatan

Putusan terhadap permohonan keberatan diucapkan paling lambat 7 (tujuh) hari setelah tanggal penetapan majelis hakim. Dalam memutus permohonan keberatan, majelis hakim mendasarkan kepada:

·             Putusan dan berkas gugatan sederhana;

·             Permohonan keberatan dan memori keberatan; dan

·             Kontra memori keberatan.

5. Pelayanan Mediasi

1.     Dasar Hukum:  PERMA No. 1 Tahun 2016 tentang Prosedur Mediasi di Pengadilan

2.     Mediasi dalam Persidangan

a. Terhitung sejak penetapan perintah melakukan Mediasi dan menunjukan Mediator sebagaimana dimaksud dalam Pasal 20 ayat (5), jangka waktu proses Mediasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 24 ayat (2) dan ayat (3), serta Pasal 33 ayat (4) tidak termasuk jangka waktu penyelesaian perkara sebagaimana ditentukan dalam kebijakan Mahkamah Agung mengenai

b. penyelesaian perkara di Pengadilan tingkat pertama dan tingkat banding pada 4 (empat) lingkungan peradilan.

c. Terhadap Putusan yang menyatakan gugatan tidak dapat diterima sebagaimana dimaksud dalam Pasal 22 ayat (4) dan Pasal 23 ayat (8) serta penetapan penghukuman Biaya Mediasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 23 ayat (3) tidak dapat dilakukan upaya hukum.

d. Jika Para Pihak tidak berhasil mencapai kesepakatan, pernyataan dan pengakuan Para Pihak dalam proses Mediasi tidak dapat digunakan sebagai alat bukti dalam proses persidangan perkara

e. Catatan Mediator wajib dimusnahkan dengan berakhirnya proses Mediasi.

f. Mediator tidak dapat menjadi saksi dalam proses persidangan perkara yang bersangkutan.

g. Mediator tidak dapat dikenai pertanggungjawaban pidana maupun perdata atas isi Kesepakatan Perdamaian hasil Mediasi 

3. Mediasi di Luar Persidangan (di Luar Pengadilan)

a. Para Pihak dengan atau tanpa bantuan Mediator bersertifikat yang berhasil menyelesaikan sengketa di luar Pengadilan dengan Kesepakatan Perdamaian dapat mengajukan Kesepakatan Perdamaian kepada Pengadilan yang berwenang untuk memperoleh Akta Perdamaian dengan cara mengajukan gugatan.

b. Pengajuan gugatan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus dilampiri dengan Kesepakatan Perdamaian dan dokumen sebagai alat bukti yang menunjukkan hubungan hukum Para Pihak dengan objek sengketa.

c. Hakim Pemeriksa Perkara di hadapan Para Pihak hanya akan menguatkan Kesepakatan Perdamaian menjadi Akta Perdamaian, jika Kesepakatan Perdamaian sesuai dengan ketentuan Pasal 27 ayat (2).

d. Akta Perdamaian atas gugatan untuk menguatkan Kesepakatan Perdamaian. sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus diucapkan oleh Hakim Pemeriksa Perkara dalam sidang yang terbuka untuk umum paling lama 14 (empat belas) hari terhitung sejak gugatan didaftarkan

e. Salinan Akta Perdamaian sebagaimana dimaksud pada ayat (4) wajib disampaikan kepada Para Pihak pada hari yang sama dengan pengucapan Akta Perdamaian 

f. Dalam hal Kesepakatan Perdamaian diajukan untuk  dikuatkan dalam bentuk Akta Perdamaian tidak memenuhi ketentuan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (2), Hakim Pemeriksa Perkara wajib memberikan petunjuk kepada Para Pihak tentang hal yang harus diperbaiki.

g. Dengan tetap memperhatikan tenggang waktu penyelesaian pengajuan Akta Perdamaian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 36 ayat (4), Para Pihak wajib segera memperbaiki dan menyampaikan kembali Kesepakatan Perdamaian yang telah diperbaiki kepada Hakim Pemeriksa Perkara  

6. Pelayanan Upaya Hukum

1. Pelayanan Administrasi Banding

a. Penggugat atau tergugat dapat mengajukan upaya hukum banding melalui Panitera Muda Perdata pada Meja Pertama di Pengadilan Negeri dalam waktu 14 (empat belas) hari kalender terhitung keesokan harinya sejak putusan diucapkan atau diberitahukan pada pihak yang tidak hadir.

b. Pemohon Banding harus membayar panjar biaya permohonan banding yang dituangkan dalam SKUM. Panitera Muda Perdata pada Meja Pertama mencatat dalam buku register dan memberikan Akta Pernyataan Banding kepada Pemohon banding apabila panjar biaya banding telah dibayar lunas.

c. Pengadilan wajib menyampaikan permohonan banding kepada pihak terbanding dalam waktu 7 (tujuh) hari kalender, tanpa perlu menunggu diterimanya memori banding.

d. Pemohon banding dapat melakukan pencabutan permohonan banding dengan mengajukannya kepada Ketua Pengadilan Negeri yang ditandatangi oleh pembanding dengan menyertakan akta pencabutan banding yang ditandatangai oleh Panitera.

e. Pengadilan wajib melakukan pemeriksaan perkara banding dalam jangka waktu 6 (enam) bulan termasuk proses minutasi (SEMA No.3 Tahun 1998 tentang Penyelesaian Perkara).

f. Dalam hal perkara telah diputus oleh Pengadilan Tingkat Banding, salinan putusan segera dikirimkan kepada Pengadilan Tingkat Pertama untuk segera diberitahukan kepada para pihak sejak putusan diterima oleh pengadilan pengaju dalam waktu 14 (empat belas) hari.  

2. Pelayanan Administrsasi Kasasi

a. Penggugat atau tergugat dapat mengajukan upaya hukum kasasi melalui Panitera Muda Perdata pada Meja Pertama di Pengadilan Negeri dalam waktu 14 (empat belas) hari kalender terhitung keesokan harinya sejak putusan diucapkan atau diberitahukan pada pihak yang tidak hadir.

b. Pemohon atau Termohon dalam perkara permohonan dapat mengajukan kasasi dalam waktu 14 (empat belas) hari setelah penetapan diberitahukan kepadanya.

c. Pemohon kasasi harus membayar panjar permohonan kasasi yang dituangkan dalam SKUM. Pengadilan mencatat dalam buku register dan memberikan Akta Pernyataan Kasasi kepada pemohon kasasi apabila panjar biaya kasasi telah dibayar lunas.

d. Pemohon Kasasi wajib menyampaikan memori kasasi selambat-lambatnya dalam waktu 14 (empat belas) hari sesudah pernyataaan kasasi diterima pada kepaniteraan pengadilan negeri. Panitera wajib memberikan tanda terima atas penerimaan memori kasasi.

e. Pemohon Kasasi dapat melakukan pencabutan permohonan kasasi yang diajukan kepada Ketua Pengadilan Negeri yang ditandatangani oleh pemohon kasasi dengan menyertakan Akta Pencabutan Kasasi yang ditandatngani oleh Panitera.

f. Pengadilan wajib melakukan pemeriksaan perkara kasasi dalam jangka waktu 6 (enam) bulan termasuk proses minutasi (SEMA No. 3 Tahun 1998 tentang Penyelesaian Perkara).

g. Dalam hal perkara telah diputus oleh Mahkamah Agung, pengadilan wajib mengirimkan salinan putusan kepada Pengadilan Tingkat Pertama untuk diberitahukan kepada para pihak dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak putusan diterima oleh pengadilan pengaju. 

3. Pelayanan Administrasi Peninjauan Kembali

a. Para pihak dapat mengajukan upaya hukum Peninjauan Kembali terhadap putusan yang telah berkekuatan hukum tetap sesuai dengan ketentuan undang-undang.

b. Penggugat atau tergugat dapat mengajukan upaya hukum Peninjauan Kembali kepada Panitera Muda Perdata pada Meja Pertama di Pengadilan Negeri.

c. Pemohon Peninjauan Kembali harus membayar biaya perkara yang dituangkan dalam SKUM. Pernyataan Peninjauan Kembali dapat diterima bila panjar dalam SKUM telah dibayar lunas.

d. Pencabutan Permohonan Peninjauan Kembali diajukan kepada Ketua Mahkamah Agung dan ditandatangani oleh pemohon Peninjauan Kembali.

e. Pengadilan wajib mengirimkan salinan putusan Mahkamah Agung, dalam hal perkara telah diputus oleh Mahkamah Agung, kepada Pengadilan Tingkat Pertama untuk diberitahukan kepada para pihak dalam waktu 30 (tiga puluh) hari sejak putusan diterima oleh pengadilan pengaju. 

7. Pelayanan Administrasi Eksekusi

a. Masyarakat yang telah memiliki putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap dapat mengajukan permohonan eksekusi atas putusan tersebut.

b. Pemohon eksekusi mengajukan permohonan eksekusi kepada Ketua Pengadilan Negeri.

c. Pengadilan harus menetapkan biaya panjar eksekusi yang ditentukan dalam SKUM yang berisi komponen biaya eksekusi, yaitu biaya meterai, penetapan Eksekusi, biaya pemberitahuan Aanmaning/teguran tertulis kepada Termohon Eksekusi, biaya pelaksanaan eksekusi (terdiri dari biaya Pelaksanaan eksekusi/pengosongan, biaya sita eksekusi/angkat sita/CB), biaya penyampaian Salinan Berita Acara Sita kepada para pihak dan desa/kelurahan, biaya pemberitahuan dan pencatatan eksekusi ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan biaya sewa kendaraan.

d. Pengadilan harus segera mengeluarkan penetapan eksekusi sejak permohonan diterima. Penetapan tersebut menyetakan bahwa permohonan eksekusi tersebut dapat dieksekusi (executable) atau tidak dapat dieksekusi (non executable)

e. Jika setelah ditempuh langkah-langkah sesuai ketentuan perundangan dan ternyata pihak yang kalah tetap tidak mau melaksanakan putusan hakim, maka Ketua Pengadilan membuat penetapan eksekusi.

f. Pemohon eksekusi wajib membayar panjar terlebih dahulu agar eksekusi dapat dilaksanakan. Jika biaya tidak mencukupi maka Pemohon dapat dimintakan biaya tambahan pelaksanaan eksekusi oleh Pengadilan dengan disertai tanda bukti pembayaran berikut rincian komponen biaya. g. Setiap perintah eksekusi yang dikeluarkan oleh Ketua Pengadilan harus dalam bentuk tertulis dan memperhatikan tenggang waktu yang cukup sekurangkurangnya 3 (tiga) hari sebelum pelaksanaan eksekusi.  

 8.  PENITIPAN GANTI KERUGIAN (Konsiyasi)

Persyaratan Penitipan Ganti Kerugian menurut Pasal 24 PERMA No. 3 Tahun 2016 :

(1) Instansi yang memerlukan tanah dapat mengajukan permohonan Penitipan Ganti Kerugian kepada Pengadilan dalam hal memenuhi satu atau lebih keadaan berikut ini:

a. pihak yang berhak menolak bentuk dan/atau besarnya Ganti Kerugianberdasarkan hasil Musyawarah Penetapan Ganti Kerugian tetapi tidak mengajukan Keberatan ke Pengadilan;

b. pihak yang berhak menolak bentuk dan/atau besarnya Ganti Kerugian berdasarkan putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap;

c. pihak yang berhak tidak diketahui keberadaannya;

d.    objek pengadaan tanah yang akan diberikan Ganti Kerugian:

1) sedang menjadi objek perkara di pengadilan;

2) masih dipersengketakan kepemilikannya;

3) diletakkan sita oleh pejabat yang berwenang;

4) menjadi jaminan di bank.

(2) Bentuk Ganti Kerugian yang dapat dititipkan di Pengadilan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berupa uang dalam mata uang rupiah

        Menurut Pasal 25 PERMA No 3 Tahun 2016 :

(1) Permohonan Penitipan Ganti Kerugian diajukan secara tertulis dalam Bahasa Indonesia oleh Pemohon atau kuasanya yang paling sedikit memuat:

a. identitas Pemohon;

1) dalam hal Pemohon instansi pemerintah, meliputi nama instansi pemerintah, tempat kedudukan, pimpinan instansi yang bertindak untuk dan atas nama instansi pemerintah tersebut dan identitas kuasanya apabila diwakili kuasa;

2) dalam hal Pemohon Badan Hukum Milik Negara/Badan Usaha Milik Negara/Daerah/ Badan Hukum perdata lainnya, meliputi nama badan hukum, tempatkedudukan, identitas orang yang yang berwenang untuk mewakili badan hukum tersebut di Pengadilan, dan identitas kuasanya apabila diwakili kuasa;

b. identitas Termohon;

1) dalam hal Termohon orang perorangan, meliputi nama, tempat tinggal, dan hubungan hukum dengan objek pengadaan tanah sebagai pihak yang berhak;

2) dalam hal Termohon badan hukum perdata, meliputi nama badan hukum perdata, tempat kedudukan dan hubungan hukum dengan objek pengadaaan tanah sebagai pihak yang berhak;

3) dalam hal Termohon instansi pemerintah, meliputi nama instansi pemerintah, tempat kedudukan, dan hubungan hukum dengan objek pengadaaan tanah sebagai pihak yang berhak;

4) dalam hal Termohon masyarakat hukum adat, meliputi nama masyarakat hukum adat, alamat masyarakat hukum adat, fungsionaris masyarakat hukum adat dan hubungan hukum dengan objek pengadaaan tanah sebagai pihak yang berhak;

c. uraian yang menjadi dasar permohonan Penitipan Ganti Kerugi an    yang sekurang  kurangnya meliputi:

1) hubungan hukum Pemohon dengan objek pengadaan tanah;

2) hubungan hukum Termohon dengan objek pengadaan tanah sebagai pihak yang berhak;

3) penyebutan secara lengkap dan jelas surat keputusan gubernur, bupati, atau walikota tentang penetapan lokasi pembangunan;

4) penyebutan besarnya nilai Ganti Kerugian berdasarkan penilaian penilai atau penilai publik;

5) penyebutan waktu dan tempat pelaksanaan serta berita acara hasil Musyawarah Penetapan Ganti Kerugian;

6) penyebutan putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, dalam hal terdapat putusan tersebut;

7) penolakan Termohon atas bentuk dan/atau besar ganti kerugian berdasarkan Musyawarah Penetapan Ganti Kerugian atau putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap;

8) besaran nilai Ganti Kerugian yang akan dibayarkan oleh Pemohon kepadaTermohon secara jelas, lengkap dan rinci; dan

9) waktu, tempat, dan cara pembayaran Ganti Kerugian.

d. Hal yang dimohonkan untuk ditetapkan:

1) mengabulkan permohonan Pemohon;

2) menyatakan sah dan berharga Penitipan Ganti Kerugian dengan menyebutkan jumlah besarnya ganti kerugian, data fisik dan data yuridis bidang tanah dan/atau bangunan serta pihak yang berhak menerima; dan

3) pembebanan biaya perkara.

(2) Permohonan Penitipan Ganti Kerugian ditandatangani oleh pemohon atau kuasanya dengan dilampiri dokumen pendukung sekurang-kurangnya berupa:

a. bukti yang berkaitan dengan identitas Pemohon:

1) dalam hal Pemohon instansi pemerintah, berupa foto copysurat keputusan pengangkatan/ penunjukan/tugas pimpinan instansi pemerintah tersebut;

2) dalam hal Pemohon Badan Hukum Milik Negara/Badan Usaha Milik Negara/Daerah/badan hukum perdata lainnya, berupa fotocopysurat keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia tentang pengesahan badan hukum, foto copy keputusan pengangkatan orang yang mewakili badan hukum di Pengadilanserta fotocopyKTP atau kartu identitas lainnya yang sah.

b. foto copysurat keputusan gubernur atau bupati/walikota tentang penetapan lokasi pembangunan yang menunjukkan Pemohon sebagai Instansi yang memerlukan tanah;

c. foto copydokumen untuk membuktikan Termohon sebagai pihak yang berhak atasobjek pengadaan tanah;

d. foto copysurat dari penilai atau penilai publik perihal nilai Ganti Kerugian;

e. foto copy berita acara hasil Musyawarah Penetapan Ganti Kerugian;

f. foto copysalinan putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, dalam hal sudah terdapat putusan;

g. foto copy    surat penolakan Termohon atas bentuk dan/atau besar Ganti Kerugian berdasarkan Musyawarah Penetapan Ganti Kerugian atau putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, jika telah ada;

h. fotocopy dokumen surat gugatan atau keterangan dari panitera pengadilan yang bersangkutan dalam hal objek pengadaan tanah yang akan diberikan Ganti Kerugian sedang menjadi objek perkara di pengadilan atau masih dipersengketakan kepemilikannya;

i. fotocopysurat keputusan peletakan sita atau surat keterangan pejabat yang meletakkan sita dalam hal objek pengadaan tanah yang akan diberikan Ganti Kerugian diletakkan sita oleh pejabat yang berwenang;

j. fotocopysurat keterangan bank dan Sertifikat Hak Tanggungan dalam hal objek pengadaan tanah yang akan diberikan Ganti Kerugian menjadi jaminan di bank.

(3) Dalam hal berkas permohonan penitipan Ganti Kerugian dinilai lengkap, Panitera memberikan Tanda Terima Berkas setelah Pemohon membayar panjar biaya melalui bank

 

C. PERKARA PIDANA 

1. Pelayanan Persidangan

a. Pengadilan menyediakan ruang tunggu khusus yang terpisah di pengadilan bagi terdakwa/korban/saksi-saksi jika diperlukan serta jaminan keamanan yang memadai. Jika hal ini tidak dimungkinkan, maka Pengadilan akan mengatur tempat terpisah disesuaikan dengan kondisi di Pengadilan. 

b. Saksi atau korban dapat mengajukan permintaan kepada Majelis Hakim untuk mendapatkan pemeriksaan terpisah tanpa kehadiran salah atu pihak apabila yang bersangkutan merasa tertekan atau terintimidasi secara psikologis. Majelis Hakim akan mempertimbangkan permohonan tersebut dengan memperhatikan kondisi psikologis pemohon.

c. Pengadilan wajib menyelesaikan perkara pidana dengan memperhatikan jangka waktu penahanan. Terdakwa wajib dilepaskan dari tahanan jika jangka batas waktu penahanan terlampaui. Secara khusus jangka waktu penyelesaian perkara pada perkara pidana adalah sebagai berikut:

1)    Perkara pidana umum harus diputus dan diselesaikan paling  lama 5 bulan sejak perkara didaftarkan oleh Jaksa Penuntut Umum dalam hal terdakwa tidak ditahan.

2)    Perkara pidana yang terdakwanya ditahan akan diputus dan diselesaikan oleh pengadilan paling lama 10 (sepuluh) hari sebelum masa tahanan berakhir.

3)    Jangka waktu penyelesaian perkara pidana khusus dilakukan sesuai ketentuan Undang-undang.

d.  Pengadilan wajib mengirimkan putusan pada tingkat banding, kepada Terdakwa/Kuasa Hukumnya paling lama 17 (tujuh belas) hari sebelum masa tahanan berakhir.

e. Pengadilan wajib mengirimkan putusan pidana pada tingkat kasasi kepada Terdakwa/Kuasa Hukumnya paling lama 7 (tujuh) hari sebelum masa tahanan habis.

f. Pengadilan wajib menyampaikan salinan putusan dalam jangka waktu paling lambat 14 (empat belas) hari kerja sejak putusan diucapkan kepada Kejaksaan, Lembaga Pemasyarakatan/Rumah Tahanan Negara, Penyidik dan Terdakwa/Kuasa Hukumnya.

 

g.    Pengadilan wajib menyampaikan petikan putusan kepada Terdakwa dan JPU segera setelah putusan diucapkan. Apabila putusan diucapkan pada sore hari maka penyampaian petikan putusan dilakukan pada hari kerja berikutnya.. 

 

2. Pelayanan Sidang Bagi Anak yang Berhadapan dengan Hukum

a. Dasar Hukum:

1)    Undang-undang No. 3 Tahun 1997 tentang Pengadilan Anak.,

2)    Undang-Undang No. 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

3)    Peraturan Mahkamah Agung (Perma) Nomor 4 Tahun 2014 mengatur tentang Pedoman Pelaksanaan Diversi dalam Sistem Peradilan Pidana Anak.

b. Pelaksanaan diversi diberlakukan terhadap anak yang telah berumur 12 tahun tapi belum berumur 18 tahun, atau telah berumur 12 tahun meskipun pernah kawin tetapi belum berumur 18 tahun, yang diduga melakukan tindak pidana.

c. Pelaksanaan diversi di pengadilan diawali dengan persiapan diversi. Setelah menerima penetapan ketua pengadilan untuk menangani perkara yang wajib diupayakan diversi, hakim mengeluarkan penetapan hari musyawarah diversi.

d. Penetapan hakim memuat perintah kepada penuntut umum yang melimpahkan perkara untuk menghadirkan pihak-pihak terkait. Pihak-pihak terkait yang dimaksud adalah anak yang berhadapan dengan hukum dan korban besama orang tuanya atau wali atau atau penasihat hukum atau Bimbingan Pemasyarakatan (BAPAS) untuk mendampingi dan menjelaskan berbagai hal yang bermanfaat bagi kepentingan anak dipersidangan.

e. Hakim anak wajib mengupayakan diversi dalam hal anak didakwa melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara di bawah 7 tahun. Atau kepada anak yang didakwa dengan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 7 tahun atau lebih dalam bentuk surat dakwaan subsidaritas, alternatif, kumulatif, maupun kombinasi (gabungan).

f. Jika dalam musyawarah itu berakhir perdamaian, berarti telah ada kesepakatan diversi. Dalam diversi, setiap anak yang berhadapan dengan hukum memang sedapatnya dihindarkan dari pidana penjara.

g. Kalau tidak tercapai diversi dalam proses itu, maka dilanjutkan dengan sidang anak biasa. Dalam melakukan pemeriksaaan, hakim pun wajib mempertimbangkan untuk memberikan perlindungan kepada anak.

h. Jika diversi berhasil dilakukan tetapi anak yang menjadi pelaku melanggar kesepakatan, maka diversi dianggap batal. Perkara akan tetap dilanjutkan demi hukum.

i. Hakim dalam sidang anak tidak mengenakan toga

j. Dalam hal diperlukan penahanan maka keputusan menahan harus mempertimbangkan dengan sungguh-sungguh kepentingan anak atau

k. kepentingan masyarakat. Tempat penahanan bagi anak dipisahkan dari orang dewasa.

l. Pengadilan wajib menyediakan ruang tunggu dan ruang sidang khusus untuk persidangan anak.

m. Hakim wajib untuk melindungi hak privasi anak dan menghindarkan anak dari tekanan psikologis, maka dengan menyelenggarkan sidang dalam ruangan tertutup. 

3.  Pelayanan Pengajuan Penangguhan atau Pengalihan Penahanan

a. Terdakwa/Tersangka/Penasihat Hukumnya dapat mengajukan permohonan penangguhan atau pengalihan penahanan secara lisan di depan majelis Hakim, atau secara tertulis dengan surat permohonan ditujukan kepada Majelis Hakim. Surat permohonan tersebut harus menyebutkan alasan diajukannya penangguhan penahanan.

b. Terdakwa/Penasihat Hukum/ Keluarga/Wali dapat memberikan jaminan penangguhan atau pengalihan penahanan berupa jaminan uang dan atau jaminan orang;

c. Terdakwa/Tersangka/Penasihat Hukumnya harus menyebutkan besarnya jaminan uang dalam Penetapan Penanggunan atau Pengalihan Penahanan. Pengadilan wajib menyimpan uang tersebut di Kepaniteraan Pengadilan Negeri dan bukti setornya diberikan pada terdakwa/tersangka atau keluarga atau kuasa hukumnya.

d. Terdakwa/Tersangka/Penasihat Hukumnya wajib membuat pernyataan kepada hakim bahwa ia bersedia bertanggung jawab apabila terdakwa yang ditahan melarikan diri. Dalam penetapan pernyataan pengguhan penahanan tersebut harus disebutkan identitas secara jelas dan besarnya uang yang harus ditanggung penjamin.

e. Terdakwa/Tersangka/Penasihat Hukum hanya dapat mengambil jaminan uang kembali jika telah terdapat Putusan yang berkekuatan hukum tetap. 

4. Pelayanan Sidang Tindak Pidana Ringan/Tilang

a. Persidangan untuk perkara pelanggaran lalu lintas diselenggarakan 1 (satu) hari dalam 1 (satu) minggu pada hari Jum’at. Dalam kondisi tertentu Pengadilan dapat menyelenggarakan sidang tilang lebih dari 1 (satu) kalli dalam 1 (satu) minggu yang disesuaikan dengan Perma nomor 12 Tahun 2016 Tentang Tata Cara Penyelesaian Perkara Pelanggaran lalu Lintas.

b. Segera setelah hakim memutus jumlah denda, Pelanggar dapat mengambil barang bukti kepada Jaksa di Kantor Kejaksaan Negeri Bekasi

c. Persidangan untuk perkara tindak pidana ringan/tipiring diselenggarakan 2 (dua) kali dalam satu minggu pada Senin dan Kamis.

5. Pelayanan Pengajuan Upaya Hukum 

    1.Pelayanan Administrasi Perkara Banding Pidana 

a. Terdakwa / Penasehat Hukumnya dapat mengajukan Permohonan banding dalam waktu 7 (tujuh) hari sesudah putusan dijatuhkan, atau setelah putusan diberitahukan kepada terdakwa yang tidak hadir dalam pengucapan putusan. Dalam hal jangka waktu tersebut terlampaui maka permohonan banding tersebut akan ditolak oleh pengadilan dengan membuat Akte terlambat.

b. Terhadap Permohonan banding yang telah memenuhi prosedur dan waktu yang ditetapkan, Panitera harus membuatkan akta pernyataan banding yang ditandatangani oleh Panitera dan pemohon banding, serta diberitahukan kepada termohon banding.

c. Setiap penerimaan permohonan banding yang diajukan dalam hal terdakwa ada dalam tahanan, Ketua Pengadilan Negeri harus melaporkan pada Pengadilan Tinggi tentang permohonan tersebut paling lambat 2 (dua) hari.

d. Sebelum berkas perkara dikirim ke Pengadilan Tinggi, pemohon dan termohon banding wajib diberi kesempatan untuk mempelajari berkas perkara selama 7 (tujuh) hari.

e. Selama perkara banding belum diputus oleh Pengadilan Tinggi, permohonan banding dapat dicabut sewaktu-waktu, dan dalam hal sudah dicabut, pemohon tidak boleh mengajukan permohonan banding lagi.

f. Dalam hal perkara telah diputus oleh pengadilan banding, salinan putusan dikirim kepada Pengadilan Negeri untuk diberitahukan kepada terdakwa dan Penuntut Umum, yang untuk itu Panitera membuat akta pemberitahuan putusan dalam waktu paling lama 2 (dua) hari. 

 

 

2. Pelayanan Administrasi Perkara Kasasi Pidana.

a. Terdakwa/Penasihat Hukumnya dapat mengajukan Permohonan kasasi kepada Panitera selambat-lambatnya dalam waktu 14 (empat belas) hari sesudah putusan Pengadilan diberitahukan kepada terdakwa/Penuntut Umum dan sekanjutnya dibuatkan akta permohonan kasasi oleh Panitera.

b. Permohonan kasasi yang melewati tenggang waktu tersebut, tidak dapat diterima.

c. Dalam tenggang waktu 14 (empat belas) hari setelah permohonan kasasi diajukan, pemohon kasasi harus menyerahkan memori kasasi dan tambahan memori kasasi (jika ada). Untuk itu petugas membuat Akta tanda terima memori/tambahan memori.

d. Dalam hal pemohon kasasi adalah terdakwa yang kurang memahami hukum, Pelaksana Layanan Pengadilan (Panitera) wajib menanyakan alasan ia mengajukan permohonan tersebut dan untuk itu Panitera mencatat alasan permohonan kasasi.

e. Panitera memberitahukan tembusan memori kasasi kepada pihak termohon dan untuk itu petugas membuat tanda terima.

f. Termohoan Kasasi dapat mengajukan kontra memori kasasi. Dalam hal Termohon Kasasi mengajukan kontra memori kasasi untuk itu Panitera memberikan Surat Tanda Terima.

g. Selama perkara kasasi belum diputus oleh Mahkamah Agung, permohonan kasasi dapat dicabut oleh pemohon. Dalam hal pencabutan dilakukan oleh kuasa hukum terdakwa, harus mendapat persetujuan terlebih dahulu dari terdakwa. Atas pencabutan tersebut, Panitera membuat akta pencabutan kasasi yang ditandatangani oleh Panitera, pihak yang mencabut dan diketahui oleh Ketua Pengadilan Negeri. Selanjutnya akta tersebut dikirim ke Mahkamah Agung.

h. Dalam hal perkara telah diputus, Mahkamah Agung wajib mengirimkan salinan putusan kepada Pengadilan Negeri untuk diberitahukan kepada terdakwa dan Penuntut Umum, paling lambat dalam waktu 2 (dua) hari untuk perkara yang berdasarkan oleh peraturan perundang-undangan harus selesai dalam waktu 30 (tiga puluh) hari dan 2 (dua) bulan untuk perkara yang bersifat prioritas.

3.Pelayanan Administrasi Peninjauan Kembali

a. Permohonanan Peninjauan Kembali dari terpidana atau ahli warisnya diterima oleh Panitera Muda Pidana dan dibuatkan Akta Pernyataan Peninjauan Kembali serta dicatat dalam Buku Register. Panitera Muda Pidana akan memberikan tanda terima kepada Pemohon.

b. Dalam hal terpidana selaku pemohoan Peninjauan Kembali kurang memahami hukum, Panitera wajib menanyakan dan mencatat alasan-alasan dalam Akta Pernyataan Peninjauan Kembali serta dicatat dalam Buku Register.

c. Dalam tenggang waktu 2 (dua) hari kerja setelah permohonan PK, Ketua Pengadilan Negeri wajib menunjuk Majelis Hakim yang tidak memeriksa perkara semula, untuk memeriksa dan memberikan pendapat apakah alasan permohonan Peninjauan Kembali telah sesuai dengan ketentuan UndangUndang.

d. Dalam tenggang waktu 14 (empat belas) hari kerja Majelis Hakim pada Pengadilan Negeri memeriksa apakah permohonan PK telah memenuhi persyaratan. Dalam pemeriksaan tersebut, terpidana atau ahli warisnya dapat didampingi oleh Penasehat Hukum dan Jaksa yang dalam hal ini bukan dalam kapasitasnya sebagai Penuntut Umum dan dapat menyampaikan pendapatnya. 

6. Pelayanan Administrasi Grasi.

a. Terpidana/penasihat hukumnya dapat mengajukan permohonan grasi terhadap putusan Pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum tetap kepada Presiden secara tertulis.

b. Dalam hal pidana yang dijatuhkan adalah pidana mati permohonan grasi dapat diajukan tanpa persetujuan terpidana.

c. Putusan pemidanaan yang dapat dimohonkan grasi adalah: Pidana mati, Pidana seumur hidup dan pidana penjara minimal 2 (dua) tahun.

 

d. Permohonan grasi tidak dibatasi oleh tenggang waktu.

e. Permohonan Grasi diajukan kepada Presiden melalui Ketua Pengadilan Negeri yang memutus perkara pada tingkat pertama dan atau terakhir untuk diteruskan kepada Mahkamah Agung.

f. Panitera wajib membuat Akta Penerimaan salinan Permohonan Grasi selanjutnya berkas perkara beserta permohonan Grasi dikirim ke Mahkamah Agung. Apabila Permohonan Grasi tidak memenuhi persyaratan, panitera membuat Akta Penolakan permohonan Grasi.  

7. Pelayanan Administrasi Praperadilan.

a.     Permohonan Praperadilan dari pemohon atau ahli Warisnyaditerima oleh Petugas Kepaniteraan Muda Pidana pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) PN Kisaran serta dicatat dalam BukuRegister.

b.     Ketua Pengadilan Negeri Kisaran menunjuk Hakimtunggal untuk menyidangkan perkara tersebut, dan Hakim yangditunjuktersebut segera menetapkanharisidang hari itu juga;

c.      Pemeriksaan dilakukan secara cepat dan paling lama 7(tujuh) hari kerja Hakim harus sudah menjatuhkan putusannya setelah sidang dihadiri lengkap;.

d.     Dalam hal suatu perkara sudah mulai diperiksa oleh PengadilanNegeri, sedangkan pemeriksaan praperadilan belum selesai, maka permintaan praperadilan tersebut gugur.

e.     Putusan Praperadilan pada tingkat penyidikan tidak menutupkemungkinan untuk mengadakan pemeriksaan praperadilan lagipada tingkat pemeriksaan oleh penuntut umum jika untuk itudiajukan permintaan baru.

 

D. KEPANITERAAN HUKUM

     1. Pelayanan Pendaftaran Surat Kuasa Khusus

a. Surat Kuasa Khusus (asli)

b. Foto Copy Surat Kuasa (4 rangkap)

c. Foto Copy Kartu Advokad

d. Foto copy Berita Acara Sumpah Advokad

2. Pelayanan Permohonan Pendaftaran Ijin Kuasa Isidentil

a.    Surat Permohonan dari Pemohon

b.    Surat Kuasa

c.    Foto Copy Surat Kuasa (4 rangkap)

d.    Foto Copy Pemberi dan Penerima Kuasa

e.    Foto Copy Akta Perkawinan/Surat Nikah

f.      Foto Copy Akta Kelahiran

g.    Foto Copy Kartu Keluarga

h.    Surat Tugas Asli da Foto Copy (hubungan pekerjaan)

i.      Foto Copy Kartu Pegawai/Karyawan (hubungan pekerjaan

 

3.    Pelayanan Surat Keterangan Tidak Pernah DiPidana (Eraterang)

a.    Surat Permohonan dari Pemohon

b.    Surat Pernytaan tidak pernah dihukum pidana

c.    Foto Copy KTP

d.    Foto Copy SKCK yan masih berlaku

e.    Foto Copy Ijasah terakhir.

f.      Pas Foto 4 x 6 ( 2 lembar)

 

4.    Pelayanan Surat Keterangan Bebas Perkara Perdata dan Pidana (Perusahaan dan Perorangan)

1)    Perusahaan

a.     Surat Permohonan

b.     Foto Copy Akta Pendirian sampai Akta Perubahan.

c.     Foto Copy NPWP atas nama perusahaan

d.     Foto Copy TDP Perusahaan

e.     Surat Kuasa

2)    Perorangan

a. Surat Permohonan

b. Foto Copy KTP/Keterangan Domisili

c. Foto Copy SKCK yan masih berlaku

d. Surat Kuasa

 

5.    Pelayanan Pendaftaran Akta Perjanjian Kawin

a.    Akta Perjanjian Kawin yang akan didaftarkan (asli)

b.    Foto Copy Akta Perjanjian Kawin

c.    Foto Copy para pihak (suami dan istri)

d.    Foto Copy Akta Perkawinan bilaman sudah dilangsungkan

 

6.    Pelayanan Legalisasi sesuai dengan aslinya.

a.    Berkas /dokumen yang akan dilegalisasi sesuai dengan aslinya (asli dan Foto Copy)

 

7.    Pelayanan Pendaftaran Penolakan Waris

a.    Surat Permohonan dari Pemohon

b.    Foto Copy KTP asli (semua ahli waris)

c.    Foto Copy Paspor (jika salah satu waris kewarga negaraan asing (WNA))

d.    Foto Copy Akta kelahiran (semua ahli waris)

e.    Foto Copy Akta Perkawinan

f. Foto Copy Akta Perceraian (jika terjadi perceraian)

g.    Foto Copy KK

h.    Foto copy Akta Kematian(pewaris dan atau salah satu dari ahli waris yang sudah meninggal dunia)

i.    Foto Copy Akta Keteranag Waris yang dikeluarkan Notaris bagi keturunan/Surat Keterangan Ahli Waris yang dikeluarkan Kelurahan bagi pribumi)

j.    Foto Copy SBKRI (jika ada)

k.    Foto Copy Surat Pernyataan Ganti Nama/Penetapan Ganti Nama (jika ada)

l.    Surat Pernyataan Penolakan dari yang menolak waris

m.  Foto Copy Dokumen/Hal yang akan ditolak (sertipikat,dll)

 

8.    Pelayanan Pernytaan Warmeking (surat pernytaan ahli waris)

a. Surat Permohonan dari Pemohon.

b. Foto Copy  KTP (semua ahli waris)

c. Foto Copy Akta Kelahiran (semua Ahli Waris)

d. Foto Copy Akta Perkawinan/Surat Nikah

e. Foto Copy Akta Perceraian (jika terjadi perceraian)

f.   Foto Copy KK

g. Foto Copy Akta Kematian (pewaris dan atau salah satu dari ahli waris yang sudah meninggal dunia)

h. Foto Copy Akta  Keterangan waris yang dikeluarkan oleh Notaris untuk keturunan/surat keterangan ahli waris yang dikeluarkan oleh Kelurahan (pribumi)).

i.   Foto Copy SBKRI (jika ada)

j.   Foto Copy Surat Pernyataan  Ganti nama/Penetapan Ganti Nama (jika ada)

k. Foto Copy Penetapan Perwalian dari Pengadilan (jika salah satu ahli waris ada yang masih dibawah umur)

l.   Foto Copy Dokumen/Hal yang akan dicairkan (tabungan,Deposito.SDB,Taspen)

 

9.    Pelayanan Pendaftaran Akta-Akta Catatan Sipil

a.    Akta Catatan Sipil ( Akta kelahiran, Akta Perkawinan, Akta Kematian dan Akta Perceraian)

 

10.  Pelayanan Permintaan Salinan Penetapan , Salinan Putusan yang telah mempunyai Kekuatan Hukum Tetap

1). Prinsipal

     a. Permohonan Secara lisan/tertulis

     b. Foto Copy KTP

2). Kuasa Hukum

      a. Surat Permohonan

      b. Surat Kuasa

3). Pihak Terkait

     a. Surat Permohonan

     b. Surat Kuasa

 

E. SUBBAG TATA USAHA DAN KEUANGAN

1. Pelayanan Subbag Tata Usaha

a. Surat/ Berkas diterima oleh Sub Bag Tata Usaha dan Keuangan, diberikan nomor agenda surat masuk dan dilakukan proses scan pada surat tersebut. selanjutnya dilakukan penginputan kedalam aplikasi E-Surat, sehingga menghasilkan bukti tanda terima yang telah di tandatangani oleh Staf Sub. Bag. Tata Usaha dan Keuangan kemudian dilakukan proses pencetakan lembar disposisi secara otomatis pada aplikasi E-Surat.

b. Surat/ Berkas dalam kategori perkara perdata, Tipikor, Niaga, Rahasia, Pengaduan, Umum, Undangan, Kepegawaian, Eksekusi Perkara Perdata secara otomatis dalam aplikasi E-Surat ditujukan kepada Ketua Pengadilan Negeri, dan kategori surat Pidana, Penyitaan dan Penggeledahan, Perpanjangan Penahanan, Hukum, ditujukan kepada Wakil Ketua Pengadilan Negeri, khusus untuk kategori surat Delegasi secara otomatis ditujukan kepada Panitera.

c. Semua surat/berkas yang telah ditujukan kepada Ketua melalui aplikasi E-Surat selanjutnya Ketua melakukan disposisi surat kepada Panitera atau Sekretaris dan semua surat/berkas yang telah ditujukan kepada Wakil Ketua Pengadilan Negeri melalui aplikasi E-Surat ditujukan kepada Panitera untuk didisposisi kepada Ka. Sub. Bag atau Panitera Muda kemudian Staf Sub. Bag. Tata Usaha dan Keuangan menyerahkan fisik dari surat/ berkas tersebut sesuai disposisi Panitera atau Sekretaris kepada Ka. Sub. Bag atau Panitera Muda untuk didisposisi kepada staf pada bagian masing-masing untuk ditindak lanjuti sesuai disposisinya.

d. Surat yang memerlukan jawaban/ tanggapan, masing-masing harus sudah dijawab/ ditanggapi dan diselesaikan serta wajib mengupload hasil pekerjaan/tindak lanjut surat melalui aplikasi E-Surat. Sehingga KPN, WKPN, Panitera, Sekretaris, Panmud, Ka. Sub. Bag dapat memeriksa hasil pekerjaan / tindak lanjut setiap surat yang sudah dilaksanakan oleh staf

e. Dalam Kategori Surat Delegasi pada aplikasi E-Surat yang ditujukan secara otomatis kepada Wakil Panitera, oleh Staf Sub. Bag. Tata Usaha dan Keuangan pada hari itu juga menyerahkan Fisik dari Surat Delegasi kepada Panitera kemudian Panitera akan mendisposisikan surat delegasi kepada Jurusita yang ditunjuk dan Jurusita wajib mengupload hasil pekerjaanya pada aplikasi E-Surat

 

 F. e - COURT

1. Pendaftaran Pengguna

a. Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menggunakan aplikasi e-Court adalah mendaftarkan akun pengguna (advokat).Pendaftaran akun dapat dilakukan dengan menekan tombol “Register Pengguna Terdaftar”. Berikut adalah tampilan aplikasi e-Court setelah tombol Register ditekan. Untuk melakukan pendaftaran, pengguna harus sudah memiliki email terlebih dahulu. Pendaftaran tidak bisa dilakukan apabila pengguna tidak memiliki email. Isikan data-data berupa Nama Lengkap, Email, dan Password, beri centang pada kotak bertuliskan “I’m not robot”, kemudian tekan tombol “Register”. Setelah langkah-langkah tersebut dilakukan, akun pengguna harus diaktivasi terlebih dahulu sebelum pengguna dapat menggunakan aplikasi e-Court. Aktivasi dapat dilakukan dengan membuka email yang telah dikirimkan oleh sistem pada inbox email pengguna dan menekan link aktivasi. Setelah aktivasi, pengguna dapat masuk pada aplikasi e-Court dengan menekan tombol “Login” pada halaman utama.

b.       Login dan Pengisian Data Advokat

Setelah melakukan Login, pengguna akan diarahkan untuk melengkapi data-data advokat dengan lengkap. Berikut adalah tampilan halaman untuk melakukan pengisian data-data advokat. Lengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan informasi yang benar. Kolom yang memiliki tanda bintang (*) berwarna merah merupakan kolom yang wajib diisi. Setelah terisi, simpan informasi-informasi tersebut dengan menekan tombol “Simpan” pada bagian bawah halaman. Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah melengkapi dokumen-dokumen pendukung pengacara seperti KTA, Dokumen Penyumpahan, dan KTP. Pilih file dokumen yang diperlukan, kemudian tekan tombol “Upload”.

c.    Pendaftaran Perkara

      Tahapan pendaftaran perkara pada e-Court adalah sebagai berikut

1)         Dari halaman utama setelah Login, tekan tombol “Tambah Gugatan”.

2)         Selanjutnya pilih Pengadilan tempat advokat akan beracara dari daftar. Untuk memudahkan, pengguna juga dapat langsung mengetikkan nama Pengadilan untuk mencari dengan cepat. Setelah itu, tekan tombol “Lanjut Pendaftaran”.

3)         Dengan menekan tombol “Lanjut Pendaftaran”, maka tampilan berikutnya adalah sebagai berikut.Pada tampilan ini, pengguna akan mendapatkan nomor Registrasi Online, bukan nomor perkara. Setelah memahami dan menyetujui syarat dan ketentuan dalam pendaftaran online, tekan tombol “Daftar”.

4)         Langkah berikutnya adalah pendaftaran kuasa yang dilakukan dengan cara mengunggah Surat Kuasa. Syarat-syarat pendaftaran lain seperti Berita Acara Sumpah, Kartu Anggota Advokat, dan KTP tidak perlu dicantumkan lagi karena sudah terlampir dalam setiap pendaftaran perkara.Untuk mengunggah Surat Kuasa, tekan tombol “Upload Surat Kuasa”, beri judul dokumen, misalnya “Surat Kuasa Klien A”, pilih file Surat Kuasa, kemudian tekan tombol “Upload”. Untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, tekan tombol “Lanjut Isi Data Pihak”.

5)         Untuk mengisi data pihak, tekan tombol “Tambah Pihak”. Tampilan untuk melakukan pengisian data pihak adalah sebagai berikut.Lengkapi kolom-kolom yang tersedia dengan informasi yang benar. Kolom yang memiliki tanda bintang (*) merah merupakan kolom yang wajib diisi. Dengan mengisi kolom Provinsi, Kabupaten, dan Kecamatan, biaya panjar dapat ditaksir sesuai besaran radius masing-masing wilayah Pengadilan sesuai ketetapan Ketua Pengadilan. Setelah melengkapi informasi, tekan tombol “Simpan” untuk menyimpan informasi. Untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, tekan tombol “Lanjut Upload Berkas”.

6)         Pada tahapan ini, pengguna perlu mengunggah Berkas Gugatan dan Persetujuan Prinsipal. Untuk mengunggah, tekan tombol “Upload Dokumen”, pilih jenis dokumen yang sesuai, beri nama judul dokumen, misalnya “Surat Gugatan Klien A”, pilih file dokumen yang diperlukan, kemudian tekan tombol “Upload”. Berikut adalah tampilan setelah pengguna mengunggah Berkas Gugatan dan Persetujuan Prinsipal. Untuk melanjutkan, tekan tombol “Lanjut Perhitungan SKUM Panjar Perkara”.

7)         Setelah selesai melengkapi data pendaftaran dan dokumen-dokumen pendukung, pengguna akan mendapatkan taksiran panjar biaya perkara dalam bentuk Electronic SKUM (e-SKUM) yang di-generate secara otomatis oleh sistem. Besaran taksiran panjar biaya perkara ini sudah diperhitungkan dengan rumusan sesuai dengan Penentuan Taksiran Biaya Panjar untuk perkara Gugatan, namun demikian apabila terdapat kekurangan maka akan diberikan tagihan untuk tambah biaya panjar. Sebaliknya, apabila terdapat kelebihan maka kelebihan tersebut akan dikembalikan kepada pihak yang mendaftar perkara. Berikut adalah tampilan e-SKUM dari aplikasi e-Court.Untuk melanjutkan, tekan tombol “Lanjut Pembayaran”.

8)         Setelah mendapatkan taksiran panjar atau e-SKUM, pengguna akan mendapatkan Nomor Pembayaran (Virtual Account) sebagai rekening virtual untuk melakukan pembayaran. Berikut adalah contoh tampilan setelah pengguna menyelesaikan pembayaran.

9)         Selanjutnya, pengguna tinggal menunggu proses validasi dan verifikasi dari pihak Pengadilan untuk mendapatkan nomor perkara. Berikut adalah tampilan apabila Pengadilan telah selesai melakukan verifikasi pendaftaran.

10)     Dengan mendapatkan nomor perkara maka seluruh proses pendaftaran telah selesai dan pengguna tinggal menunggu pemanggilan dari Pengadilan. Pengguna juga akan mendapatkan email pemberitahuan sehingga informasi dapat tersampaikan dengan cepat

 IV. SARANA DAN PRASARANA

Pengadilan Negeri Bekasi Kelas 1A Khusus menetapkan ,menyediakan dan memelihara sarana dan prasarana untuk mencapai kesesuaian persyaratan pelayanan. Sarana dan Prasarana mencakup antara lain :

a) Kapasitas ruang pelayanan sesuai dengan jumlah pengguna jasa yang secara rutin mendapatkan pelayanan;

b) Ruang kerja dan peralatan yang memenuhi kenyamanan dan keamanan serta menjamin terpeliharanya kesehatan petugas pelayanan;

c) Tersedia jumlah dan jenis peralatan komputer dan program aplikasinya, genset sesuai kapasitas untuk memastikan proses pelayanan berjalan dengan mudah, cepat dan lancar;

d) Tersedianya area dan sarana internet, pelayanan penggandaan, telekomunikasi.

 

V. KOPETENSI PELAKSANA

     Pengadilan Negeri Bekasi Kelas 1A Khusus menyediakan petugas pelayanan di 6 (enam)  Pelayanan    yaitu :

                i.              Pelayanan Kepaniteraan Perdata,

              ii.               Pelayanan Kepaniteraan Pidana,

             iii.               Pelayanan Kepaniteraan Hukum,

            iv.              Pelayanan Pojok E-Court

              v.              Pelayanan Meja Inzage

            vi.              Pelayanan Tata Usaha dan Keuangan (Surat masuk).

 

Jumlah personel yang tersedia masih kurang optimal. Namun demikian dengan jumlah personel yang ada diupayakan dapat memenuhi volume dan frekuensi pelayanan sehingga kepastian kelancaran, kemudahan penyelenggaraan pelayanan dapat dipenuhi.Penetapan pelaksana telah sesuai dengan jenis dan kompetensi proses tahapan pelayanan namun jumlah personel masih perlu ditingkatkan.Penetapan personel dilakukan melalui identifikasi jenis, tahapan dan jumlah aktifitas pelayanan berdasarkan analisis beban kerja.

 

VI. PENGAWASAN INTERNAL

Pengawasan Internal dilakukan secara berjenjang. Pengawasan terhadap pelaksana dilakukan  oleh pejabat eselon IV. Pengawasan terhadap pejabat eselon IV dilakukan oleh           pejabat eselon III, dan  pejabat eselon III dilakukan oleh pejabat eselon II, selanjutnya Ketua  dan Wakil Ketua di awasi oleh Eselon 1 Mahkamah Agung dalam hal ini Direktur Jenderal badan Peradilan Umum dan Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI.

 

VII. PENANGANAN PENGADUAN

a. Pengaduan atas Pelayanan Pengadilan 

1. Masyarakat berhak mengadukan penyelenggara pelayanan publik pengadilan dalam hal: 

a. Penyelenggara yang tidak melaksanakan kewajiban dan/ atau melanggar pelayanan; dan 

b. Pelaksana yang memberi pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan.

2. Pengaduan diajukan oleh setiap orang yang dirugikan atau oleh pihak lain yang menerima kuasa untuk mewakilinya paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sejak pengadu menerima pelayanan pengadilan.

3. Pengaduan disampaikan secara tertulis kepada satuan kerja penyelenggara pelayanan pengadilan yaitu Pimpinan satuan kerja penyelenggara pelayanan pengadilan yang memuat: 

a. nama dan alamat lengkap; 

b. uraian pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan; 

c. permintaan penyelesaian yang diajukan; 

d. tempat dan waktu penyampaian pengaduan serta tanda tangan pengadu.

4. Dalam keadaan tertentu atau atas permintaan pengadu, nama dan identitas pengadu dapat dirahasiakan.

5. Penyelenggara pelayanan pengadilan wajib memberikan tanda terima pengaduan yang sekurang-kurangnya memuat: 

a. Identitas pengadu secara lengkap; 

b. Uraian singkat pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan pengadilan; 

c. Tempat dan waktu penerimaan pengaduan; dan 

d. Tanda tangan serta nama pejabat pegawai yang menerima pengaduan.

6. Penyelenggara pelayanan pengadilan wajib menanggapi pengaduan masyarakat paling lambat 14 (empat belas) hari sejak pengaduan diterima yang sekurangkurangnya berisi informasi lengkap atau tidak lengkapnya  materi aduan sebagaimana dimaksud pada huruf F angka 3.

7. Dalam hal materi aduan tidak lengkap, pengadu melengkapi materi aduannya selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari terhitung sejak menerima tanggapan dari penyelenggaran sebagaimana diinformasikan oleh pihak penyelenggara.

8. Dalam hal berkas pengaduan tidak dilengkapi dalam 30 (tiga puluh) hari  maka pengadu diangggap mencabut pengaduannya.

9. Dalam hal pengaduan tidak ditanggapi oleh penyelenggara pengaduan sesuai dengan ketentuan, maka pengadu dapat menyampaikan laporan kepada Badan Pengawasan Mahkamah Agung RI.

10. Badan Pengawasan MA dapat mengambil alih pengaduan atas pelayanan pengadilan yang ditujukan kepada penyelenggara dalam hal pengaduan tersebut  dianggap penting oleh Mahkamah Agung untuk segera diselesaikan, atau dalam hal Penyelenggara lalai dan atau tidak tepat waktu dalam menyelesaikan pengaduan tersebut.

11. Setiap penyelenggara Pelayanan Pengadilan wajib mengumumkan Rekapitulasi penyelesaian pengaduan pelayanan publik kepada masyarakat melalui media yang mudah diakses oleh masyarakat. Hal-hal yang diumumkan meliputi: jumlah pengaduan yang masuk, jenis-jenis pengaduan yang masuk, status penanganan pengaduan.  

  b. Penyelesaian Pengaduan oleh Penyelenggara Pelayanan Pengadilan 

1. Pengadilan wajib memeriksa pengaduan dari masyarakat mengenai pelayanan publik yang diselenggarakannya.

2. Dalam  memeriksa materi pengaduan, penyelenggara wajib berpedoman pada prinsip independent, nondiskriminasi, tidak memihak, dan tidak memungut biaya.

3. Dalam hal pengadu keberatan dipertemukan dengan pihak teradu karena alasan tertentu yang dapat mengancam atau merugikan kepentingan pengadu, penyelenggara dapat mendengar keterangan pengadu secara terpisah.

4. Dalam melakukan pemeriksaan materi aduan, penyelenggara wajib menjaga kerahasiaan.

5. Penyelenggara wajib memutuskan hasil pemeriksaan pengaduan paling lambat 60 (enam puluh) hari sejak berkas pengaduan dinyatakan lengkap.

6. Keputusan mengenai pengaduan wajib disampaikan kepada pihak pengadu paling lambat 14 (empat belas) hari sejak diputuskan. 

c. Ketentuan Sanksi 

1.  Pimpinan satuan kerja yang dalam hal ini bertindak sebagai atasan pelaksanan menjatuhkan sanksi kepada pelaksana pelayanan pengadilan yang tidak melaksanakan kewajibannya untuk memberikan pelayanan publik sebagaimana diatur dalam standar pelayanan publik berdasarkan kewenangan yang dimiliki atasan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2. Mahkamah Agung berwenang menjatuhkan sanksi kepada penyelenggara dan atau pelaksana pelayanan pengadilan yang tidak memenuhi kewajibannya dalam melaksanakan pengawasan melekat atas pelaksanaan standar pelayanan pengadilan.

 3. Jenis sanksi terhadap penyelenggara dan atau pelaksana pelayanan pengadilan didasarkan pada ketentuan dalam UU No.25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan peraturan perundang-undangan yang relevan yang berlaku di  lingkungan badan peradilan. 

 

VIII. JAMINAN PELAYANAN

Jaminan pelayanan yang memberikan kepastian pelayanan dilaksanakan sesuai dengan Standar Pelayanan. Pengadilan Negeri Bekasi Kelas 1A Khusus memberikan Jaminan kepastian pelayanan setelah pengguna jasa memenuhi beberapa ketentuan yang dipersyaratkan di bidang Pelayanan Umum dan Pelayanan Persidangan  sesuai peraturan perundang-undangan.

 

IX. JAMINAN KEAMANAN

Jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan dalam bentuk komitmen untuk memberikan rasa aman, bebas dari bahaya, dan risiko keragu-raguan.Pengadilan Negeri Bekasi Kelas 1A Khusus menyediakan sarana prasarana yang memastikan pemberian jaminan keamanan dan keselamatan kepada pengguna jasa dengan suasana rasa aman, bebas dari bahaya dan risiko gangguan serta kenyamanan dalam beraktifitas dari pelayanan yang diperoleh. Pengadilan Negeri Bekasi Kelas 1A Khusus menyediakan fasilitas untuk keamanan, kenyamanan dan keselamatan, antara lain:

1.     Petugas keamanan;

2.     Petugas pelayanan informasi;

3.    Sarana dan prasarana yang digunakan dalam rangka pelayanan tidak membahayakan Pengguna Jasa;

4.     Kontrol akses masuk dan keluar setiap individu;

5.     Sarana peralatan dan obat P3K;

6.     Ruang pelayanan yang bersih dan rapi;

7.     Ruang informasi (Customer service);

8.     Fasilitas Closed Circuit Television (CCTV)

 

X. EVALUASI KINERJA PELAKSANA.

a.    Evaluasi dilakukan oleh tim yang dibentuk oleh Ketua Pengadilan Negeri Bekasi Kelas 1A Khusus.

 

b.    Laporan bulanan disampaikan oleh masing masing Panmud dan Kasubbag TU dan Keuangan pada Pejabat Pengelola PTSP dan Pejabat Pengelola melaporkan kepada Pengawas PTSP dan Pengawas PTSP melaporkan kepada Wakil Ketua selaku Koordinator Pengawas.

 

c.    Indeks  Kepuasan  pelanggan  diperoleh  dengan  cara  mengisi kuesioner dalam aplikasi   kuesioner  kepada  para  pemangku kepentingan , khususnya terkait dengan layanan PTSP.  

 

d.    Kuesioner yang telah diisi diproses lebih lanjut oleh bagian Kepaniteraan Hukum untuk memperoleh gambaran  tingkat pemenuhan kepuasan Pelanggan terhadap Produk dan Laynan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

 

e.    Berdasarkan Pedoman Pengolahan Data sesuai Surat Kemenpan RB data IKM akan diperoleh Indek kepuasan Pelanggan yang menyatakan tingkat kepuasan pelanggan terhadap pelayanan Pengadilan Negeri Bekasi Kelas 1A Khusus.

 

f.      Hasil analisa dapat disajikan dalam nilai Indeks Kepuasan Pelanggan yang dipantau dari berbagai unsur.

 

g.    Jika  dari  hasil  pengolahan  data  diperoleh  Nilai  Indeks  <  3.4  atau  68  (Sedang),maka diperlukan tindakan perbaikan dengan meminta bagian terkait mengisi formulir PermintaanTindakan Koreksi.

 

h.    Pelaksanaan tindakan perbaikan untuk menjaga tingkat kepuasan pelanggan ini dilakukan  dengan mengacu pada Tindakan Koreksi. 

 

 

                                                   Ditetapkan di  :    Bekasi
                                                            Tanggal           :    2 Juni 2020

KETUA

PENGADILAN NEGERI BEKASI KELAS IA KHUSUS