• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6221 8895 5971

Bidang Umum pada Kesekretariatan mempunyai tugas dan fungsi yang meliputi:

  1. Pembuatan Rencana Kerja / Program Kerja.
    Tujuan: Membantu Pimpinan dalam rangka menyusun program kerja Pengadilan Negeri Blitar.
    Sasaran: Penyediaan bahan guna penyusunan program kerja kesekretariatan untuk bagian umum.
  2. Mengelola data Barang Milik Negara (BMN).
    Mengelolah data Barang Milik Negara (BMN) dari seluruh satuan kerja Pengadilan Negeri Sarolangun dengan membuat Daftar Inventaris Ruangan (DIR) dan Kartu Inventaris Barang (KIB).
  3. Pengadaan Sarana Kantor.
    Pengadaan ATK dilakukan per kwartal, untuk itu dibuat buku-buku yang meliputi:
    • Buku Rencana Anggaran Belanja ATK yang diketahui oleh Kaur Umum, Kaur Keuangan, dan Wasek yang disetujui oleh Panitera.
    • Buku Bukti Pengambilan ATK dari pegawai, agar kebutuhan ATK setiap bulannya dapat diketahui sesuai kebutuhan.
    • Buku Bantu Kendali Pengeluaran ATK, agar dapat diketahui ATK yang sudah diambil dan yang belum diambil sesuai permintaan.
    • Buku Barang Persediaan (Buku Stok Barang ATK) untuk mengetahui jumlah barang yang ada di gudang.
    • Buku Daftar Pemesanan Barang.
    • Buku Daftar Penerimaan Barang.
    • Buku Daftar Stok Opname Barang.
    Tujuan: Menerima penyediaan atau pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian ATK yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan dalam rangka mendukung kegiatan operasional.
    Sasaran: Tersedianya ATK berikut penyimpanan dan pendistribusian sesuai dengan kebutuhan operasional Pengadilan Negeri Sarolangun.
  4. Pengadaan Alat Pengolahan Data dan Peralatan Inventaris Kantor.
    Tujuan: Merencanakan penyediaan atau pengadaan, penyimpanan dan pendistribusian barang dan perlengkapan kantor yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan dalam rangka mendukung kegiatan operasional.
    Sasaran: Tersedianya barang dan alat perlengkapan kantor berikut penyimpanan dan pendistribusiannya sesuai dengan kebutuhan operasional Pengadilan Negeri Blitar.
  5. Perawatan Kendaraan Dinas.
    Tujuan: Memelihara kendaraan dinas yang ada di Pengadilan Negeri Blitar.
    Sasaran: Terpeliharanya kendaraan dinas yang memadai dan terpenuhinya Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) kendaraan dinas untuk kelengkapan kendaraan dinas yang bersangkutan.
  6. Perawatan Gedung Kantor.
    Tujuan: Memelihara sarana dan prasarana kantor di lingkungan Pengadilan Negeri Blitar.
    Sasaran: Terwujudnya pemeliharaan sarana dan prasarana kantor dilingkungan Pengadilan Negeri Blitar.
  7. Pelaporan Barang Milik Negara.
    Pelaporan barang milik Negara dilakukan per semester dengan membuat laporan mutasi barang semesteran dan dilakukan pada akhir tahun dengan membuat laporan tahunan inventaris paling lambat tanggal 10.
    Tujuan: Untuk melaporkan keadaan Barang Milik Negara yang ada dilingkungan Pengadilan Negeri Blitar.
    Sasaran: Untuk memenuhi Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung No. MA/SEK/173a/SK/XI/2005 tanggal 21 Nopember 2005.
  8. Mengelola surat masuk dan keluar.
    Mengelola surat masuk dan surat keluar meliputi kegiatan:
    • Pengurusan surat masuk dan keluar dengan system agenda.
    • Pencatatan surat yang diterima melalui Faximile maupun surat yg diterima dari pos.
    • Mengirim surat melalui pos.
    Tujuan: Mempercepat proses penerimaan surat masuk dan pengiriman surat keluar yang ada di Pengadilan Negeri Bekasi.
    Sasaran: terselenggaranya proses penerimaan dan pengiriman surat yang cepat, baik yang masuk maupun yang keluar dari pengadilan Negeri Bekasi.
  9. Pengelolaan Perpustakaan/Kearsipan/Dokumentasi.
    Tujuan: Tertatanya buku perpustakaan sesuai dengan pedoman penataan buku perpustakaan di lingkungan Pengadilan Negeri Blitar dan untuk memelihara tempat penyimpanan arsip perkara pidana maupun perkara perdata.
    Sasaran: Untuk memudahkan mencari dan menemukan buku-buku yang diperlukan untuk dibaca atau dipinjam dan tersedianya tempat yang layak untuk menyimpan arsip berkas perkara pidana dan perdata yang ada di Pengadilan negeri Bekasi.

Kepala Urusan bagian Umum mempunyai tugas:

  1. Membuat perencanaan belanja ATK.
  2. Mendayagunakan staf umum menurut tugas-tugasnya.
  3. Membebani kearsipan inventaris barang bergerak dan barang tidak bergerak.
  4. Membuat laporan bulanan, triwulan, enam bulanan, tahunan.
  5. Menyelesaikan Penjadwalan atau penyusunan buku-buku perpustakaan.
  6. Memantau pengiriman surat-surat.
  7. Mengkoordinasikan pengadaandan perawatan, barang investaris yang bersifat menjadi prasarana dan sarana kantor

Staf bagian Umum di bagian perpustakaan melaksanakan tugas:

  1. Menyusun dan meregister buku-buku di perpustakaan.
  2. Meregister / mendata buku-buku yang baru masuk.
  3. Meregister barang / buku bersejarah.
  4. Mengklasifikasi penomoran buku.
  5. Membuat catalog buku.
  6. Membuat laporan.

Staf bagian Umum melaksanakan tugas:

  1. Membuat laporan barang milik Negara.
  2. Membuat laporan Administrasi umum.
  3. Membuat Buku Daftar Inventaris Barang Milik Negara.
  4. Membuat daftar Inventaris Ruangan (DIR).
  5. Membuat Kartu Inventaris Banrang (KIB) Gedung/  Bangunan/  tanah.
  6. Mendata barang inventaris kantor.
  7. Menerima surat masuk dari pengantar surat
  8. Mengirimkan surat-surat kekantor pos
  9. Mengagendakan surat-surat masuk dan surat keluar.
  10. Membuat laporan bulanan dan laporan triwulan barang milik Negara
  11. Meregister barang bersejarah
  12. Mengkoordinasikan barang-barang ATK masuk dan keluar
  13. Mendata barang-barang ATK masuk dan keluar
  14. Mendata barang-barang inventaris kantor.

Bidang Kepegawaian pada Kesekretariatan mempunyai tugas dan fungsi sebagai berikut :

  1. Pembuatan Rencana Kerja / Program Kerja
    • Tujuan: Membantu Pimpinan dalam rangka menyusun program kerja Pengadilan Negeri Blitar.
    • Sasaran: penyediaan bahan guna penyusunan program kerja kesekretariatan untuk bagian kepegawaian
  2. Membuat Laporan Berkala.
    • Semester
      • Membuat dan melaporkan ranglist rencana kenaikan pangkat pegawai setiap awal bulan Juli dan Januari.
      • Membuat besetting pegawai setiap bulan Juli dan Januari.
    • Tahunan
      • Mengisi dan melaporkan data keluarga pegawai (KP 4) setiap bulan Januari.
      • Membuat dan melaporkan surat pernyataan masih menduduki jabatan dan melaksanakan tugas baik struktural maupun fungsional setiap bulan Januari.
      • Membuat dan menyusun daftar urut kepangkatan (DUK) dan daftar urut semester (DUS) dengan urutan pangkat dan jabatannya setiap bulan Januari.
    Tujuan: menyusun bahan, membuat dan melaporkan data-data kepegawaian sehubungan dengan masalah ranglist kenaikan pangkat pegawai, data keluarga pegawai dan pernyataan menduduki jabatan bagi pejabat baik struktural maupun fungsional
    Sasaran: Untuk memenuhi ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  3. Mengelola kenaikan pangkat.
    Membuat usulan kenaikan pangkat / jabatan baik struktural maupun fungsional bagi yang telah memenuhi persyaratan :
    • Periode April
      • Bagi pegawai yang pangkatnya III/c ke atas dan pejabat Teknis paling lambat tanggal 31 Januari berkas kenaikan pangkat sudah diterima oleh biro kepegawaian Negara dan ditjen Badilum MARI.
      • Bagi pegawai yang pangkatnya III/b kebawah, berkas kenaikan pangkat sudah diterima oleh BKN paling lambat tanggal 31 Januari.
    • Periode Oktober
      • Bagi pegawai yang pangkatnya III/c keatas dan pejabat teknis paling lambat tanggal 31 Juli berkas kenaikan pangkat sudah diterima oleh biro kepegawaian Negara dan ditjen Badilum MARI.
      • Bagi pegawai yang pangkatnya III/b kebawah,berkas kenaikan pangkat sudah diterima oleh BKN paling lambat tanggal 15 September.
    Tujuan: Menyediakan syarat-syarat yang diperlukan untuk kenaikan pangkat dari pegawai yang bersangkutan.
    Sasaran: Terpenuhinya hak pegawai yang bersangkutan untuk kenaikan pangkatnya dengan tepat waktu.
  4. Mengelola Kenaikan Gaji Berkala.
    • Membuat papan kontrol Kenaikan Gaji Berkala (KGB).
    • Membuat usulan kenaikan gaji berkala bagi pegawai yang telah memenuhi masanya.
    • Kenaikan gaji berkala dibuat dan diusulkan tiga bulan sebelumnya.
    Tujuan: Tersedianya data yang tepat tentang waktu kanaikan gaji berkala bagi pegawai di lingkungan Pengadilan Negeri Blitar sehingga dapat dibuat atau diproses usulan kenaikan berkalanya dengan tepat waktu.
    Sasaran: Terpenuhinya hak pegawai untuk memperoleh kenaikan gaji berkala dengan tepat waktu.
  5. Memproses DP3.
    Meliputi kegiatan:
    • Menyiapkan format penilaian kepada atasan langsung.
    • Menyiapkan blangko DP3.
    • Menyelesaikan pembuatan-pembuatan DP3.
    Tujuan: Tersedianya bahan bagi atasan untuk melakukan penilaian DP3 terhadap pegawai yang bersangkutan.
    Sasaran: Terwujudnya atau terlaksananya penilaian DP3 dengan tepat waktu.
  6. Uang Lembur
    Pengajuan dan pembagian uang lembur dilakukan pada bulan September.
  7. Absensi Pegawai
    Membuat dan melaporkan absensi kehadiran pegawai setiap bulan kepada bagian keuangan sebagai dasar acuan uang makan pegawai.
  8. Cuti Pegawai
    • Mengelola cuti pegawai.
    • Membuat dan mengirimkan surat cuti pegawai bila ada yang cuti.
    Tujuan: Menyiapkan bahan untuk memproses permohonan cuti dari pegawai yang bersangkutan.
    Sasaran: Terpenuhinya hak pegawai untuk memproleh cuti dengan tepat waktu.
  9. Memproses pengusulan CPNS menjadi PNS.
    • Tujuan: Menyiapkan data atau bahan yang diperlukan untuk pengusulan calon pegawai yang bersangkutan untuk menjadi pegawai negeri sipil.
    • Sasaran: Terpenuhinya calon pegawai yang bersangkutan untuk diusulkan menjadi PNS dilingkungan Pengadilan Negeri Blitar.
  10. Membuat dan mengusulkan atribut papan nama, kartu nama tanda anggota pegawai.
  11. Mengelola surat-surat masuk.
    • Mencatat dalam Buku Register surat-surat yang berhubungan dengan kepegawaian dan mengarsipkan surat tersebut.
    Tujuan: Menata surat-surat yang masuk dan menyimpannya dengan baik.
    Sasaran: Untuk memudahkan mencari dan menemukan jika surat tersebut diperlukan.

Kepala Bidang Kepegawaian mempunyai tugas:

  1. Menyusun rencana pelaksanaan tugas dibidang Kepegawaian dengan berpedoman kepada Rencana Kerja Kesekretariatan.
  2. Membuat konsep surat yang berkaitan dengan urusan kepegawaian dan pengetikannya.
  3. Membuat Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan bawahan / Staf.
  4. Mengkoordinasi, meneliti segala surat-surat yang dikerjakan para staf bagian kepegawaian.

Staf Bidang Kepegawaian melaksanakan tugas:

  1. Bertanggung-jawab atas SK Pegawai.
  2. Mengarsipakan surat masuk dan keluar.
  3. Membuat DP3.
  4. Mengerjakan usulan Kenaikan Pangkat Pegawai.
  5. Mengerjakan SK Kenaikan Gaji Berkala Pegawai.
  6. Mengerjakan Usulan Pensiun.
  7. Mengerjakan Surat Pernyataan menduduki Jabatan setiap awal tahun.
  8. Membuat Berita Acara Sumpah, Pelantikan Jabatan.
  9. Membuat DUK per Desember dan Bezetting per April dan Oktober.
  10. Membuat dan mengerjakan absen Hakim dan Pegawai setiap Triwulan ke Pengadilan Tinggi Surabaya.
  11. Membuat buku Cuti dan Izin Cuti.
  12. Membuat KP 4.
  13. Membuat impasing.
  14. Membuat Buku Daftar Induk Pegawai.

Kepala Bidang Keuangan mempunyai tugas :

  1. Mengarahkan, memantaui ,mengawasi tugas keseharian staf keuangan
  2. Memeriksa dan mengoreksi pekerjaan yang berhubungan dengan bidang Administrasi keuangan.
  3. Menyimpan dan menatausahakan pertanggungjawaban perbendaharaan
  4. Bertanggungjawab terhadap pelaksanaan tugas keseharian staf keuangan
  5. Melakukan pembinaan terhadap staf  keuangan
  6. Membuat penilaian DP.3 /SKP terhadap staf  keuangan
  7. Meneliti dan menguji tegihan yang diajukan oleh PPK
  8. Menerbitkan dan menandatangani Surat Perintah Membayar
  9. Menyusun RKAKL dan mempersiapan kelengkapan data pendukungnya 

Staf Bidang Keuangan mempunyai tugas

  1. Mengelola uang persediaan.
  2. Melakukan pembukuan atas  pengeluaran melalui UP dan LS yang lewat rekening bendahara pengeluaran.
  3. Menyiapkan SPP UP, SPP GUP, dan SPP LS untuk ditandatangani oleh KPA / PPK.
  4. Membuat laporan keuangan Bulanan,Triwulan, dan Tahunan.
  5. Memasukkan SP2D ke SAKPA.
  6. Membuat laporan masa ke kantor pajak
  7. Membuat daftar gaji / susulan / persekot / lembur / uang makan
  8. Membuat Surat Keterangan Pemberhentian Pembayaran.
  9. Mencatat pengawasan kredit gaji
  10. Mencatat buku Kas Umum dan buku Bantu (Kas Tunai, Bank, Pajak, Pengawasan Kredit, Register SPM)
  11. Membuat Laporan Penyerapan Anggaran.
  12. Melaksanakan Rekonsiliasi ke KPPN
  13. Membuat LAKIP
  14. Membuat Berita Acara Rekonsiliasi
  15. Membuat laporan CALK
  16. Melakukan penyetoran PNBP
  17. Membukukan penerimaan dan penyetoran PNBP dalam buku Kas Umum dan Buku bantu : legalisasi, leges perkara,ongkos perkara, kejaksaan dan peradilan lainnya, sewa rumah dinas dan porskot gaji.
  18. Membuat laporan bulanan, triwulan, dan tahunan yang berkaitan dengan PNBP
  19. Membuat pengajuan dan pertanggungjawaban Remunerasi
  20. Mengarsipkan surat masuk dan surat keluar