• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6221 8895 5971

Panjar Biaya Perkara merupakan biaya uang muka untuk pengajuan permohonan/gugatan agar diproses di Pengadilan Negeri. Biaya ini digunakan untuk bea administrasi di panitera, membuat surat pemanggilan kedua belah pihak serta ongkos bagi juru sita untuk sidang-sidang berikutnya, dan bea meterai.  

Panjar Biaya Perkara di Pengadilan Negeri Bekasi adalah sebagai berikut :

        1. Panjar Biaya Permohonan
          1. Biaya Tetap
            Perincian :
            Pendaftaran Perkara    :    Rp. 30.000,-
            Biaya Proses   : Rp. 50.000,-
            Redaksi   : Rp.   5.000,-
            Materai   : Rp.   6.000,-
            Jumlah   : Rp. 91.000,-
          2. Biaya Tidak Tetap
            • Biaya Panggilan Pemohon disesuaikan dengan radius domisili pemohon 2 (dua) kali panggilan
            • Biaya PNBP @ Rp. 5.000,-
              • Biaya PNBP Penyerahan Akta Panggilan  Pertama kepada Pemohon;
              • Biaya PNBP Penyerahan Akta Panggilan  Pertama kepada Termohon;
        2. Panjar Biaya Gugatan
          1. Biaya Tetap
            Perincian :
            Pendaftaran Perkara    :    Rp. 30.000,-
            Biaya Proses   : Rp. 50.000,-
            Redaksi   : Rp.   5.000,-
            Materai   : Rp.   6.000,-
            Jumlah   : Rp. 91.000,-
          2. Biaya Tidak Tetap
            • Biaya Panggilan Pemohon disesuaikan dengan radius domisili pemohon 2 (dua) kali panggilan
            • Biaya PNBP @ Rp. 5.000,-
              • Biaya Panggilan Penggugat/Pembantah/Pelawan
              • Biaya Panggilan Tergugat/Terbantah/Terlawan
            • Pemberitahuan Putusan :
              • Disesuaikan dengan banyaknya para pihak  dan radius wilayah domisili para pihak. Untuk pendaftaran pertama biaya panggilan dikenakan masi ng-masing untuk Penggugat 3 (tiga) kali panggilan dan untuk Tergugat 4 (empat) kali panggilan :
                • Biaya PNBP @ Rp. 5.000,-
                  1. Biaya    PNBP   Penyerahan    Akta    Panggilan    Pertama Kepada    Penggugat/ Pembantah/Pelawan
                  2. Biaya    PNBP    Penyerahan    Akta    Panggilan    Pertama Kepada    Tergugat/ Terbantah/Terlawan
                  3. Biaya    PNBP    Penyerahan    Akta    Pemberitahuan    Putusan Sela    Kepada Penggugat/ Pembantah/ Pelawan
                  4. Biaya    PNBP    Penyerahan    Akta    Pemberitahuan    Putusan Sela    Kepada Penggugat / Pembantah/Pelawan
                  5. Biaya    PNBP   Penyerahan    Akta    Panggilan    Saksi      Penggugat/Pembantah/ Pelawan
                  6. Biaya    PNBP    Penyerahan    Akta    Panggilan    Saksi Tergugat/Terbantah/ Terlawan
                  7. Biaya PNBP Penyerahan Akta Pemberitahuan Putusan

        3. Biaya Panggilan/Pemberitahuan Putusan melalui Surat Kabar/Koran
          1. Surat Kabar Rp. 1.750.000,-
          2. Radio / RRI Rp. 500.000,-
        4. Panjar Biaya Banding
          1. Biaya Tetap
            Perincian
            Pendaftaran   :    Rp.     50.000,-
            Biaya Pengiriman Berkas    : Rp.   100.000,-
            Pencatatan Akta Banding       : Rp.      5.000,-
            Biaya Perkara Banding di PT   : Rp.   150.000,-
            Jumlah   : Rp.   305.000,-
          2. Biaya Tidak Tetap
            • Pemberitahuan/Pernyataan Banding;
            • Penyerahan Memori Banding;
            • Penyerahan Kontra Memori Banding;
            • Inzage Pembanding;
            • Inzage Terbanding;
            • Pemberitahuan putusan kepada  Pembanding  & Terbanding  disesuaikan  dengan banyaknya para pihak dan sesuai dengan radius domisili Pernbanding  & Terbanding;
            • PNBP @ Rp. 5.000,-
              • Biaya PNBP Pencatatan Banding
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Pernyataan Banding
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Penyerahan Memori Banding
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Penyerahan Kontra Memori Banding
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Inzage Kepada Pembanding
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan  Inzage Kepada Terbanding
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Putusan Sela Kepada Pembanding
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Putusan Sela Kepada Terbanding
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Putusan Kepada Pembanding
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Putusan Kepada Terbanding

        5. Panjar Biaya Kasasi
          1. Biaya Tetap
            Perincian
            Pendaftaran   :    Rp.     50.000,-
            Biaya Pengiriman Berkas    : Rp.   100.000,-
            Pencatatan Akta Kasasi      : Rp.      5.000,-
            Biaya Perkara Kasasi di MA   : Rp.   500.000,-
            Jumlah   : Rp.   655.000,-
          2. Biaya Tidak Tetap
            • Pemberitahuan/Pernyataan Kasasi Penyerahan Memori Kasasi
            • Penyerahan Kontra Memori Kasasi
            • Pemberitahuan putusan kepada Pemohon Kasasi dan Termohon Kasasi Disesuaikan dengan  banyaknya  para  pihak  dan  radius  domisili  Pembanding & Terbanding;
            • Biaya PNBP @ Rp. 5.000
              • Biaya PNBP Pencatatan Akta Kasasi
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Pernyataan Kasasi
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Penyerahan Memori Kasasi
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Penyerahan Kontra Memori Kasasi
              • Biaya  PNBP Akta Pemberitah uan  Putusan  Kepada  Pemohon  Kasasi
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Putusan Kepada Termohon Kasasi
        6. Panjar Biaya Peninjauan Kembali
          1. Biaya Tetap
            Perincian
            Pendaftaran   :    Rp.     200.000,-
            Biaya Pengiriman Berkas    : Rp.     100.000,-
            Pencatatan Akta PK (PNBP)     : Rp.         5.000,-
            Biaya Perkara PK di MA   : Rp.   2.500.000,-
            Jumlah   : Rp.   2.805.000,-
          2. Biaya Tidak Tetap
            • Pemberitahuan Pernyataan PK dan alasan PK
            • Pemberitahuan jawaban atas permohonan PK
            • Pemberitahuan penyampaian putusan kepada Pemohon PK dan Termohon PK
            • Disesuaikan dengan banyaknya para pihak dan radius domisili Pemohon dan Termohon PK;
            • Biaya PNBP @ Rp. 5.000
              • Biaya PNBP Pencatatan Akta Peninjauan Kembali
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Pernyataan Peninjauan Kembali
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Penyerahan Memori Peninjauan Kembali
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Penyerahan  Kontra Memori Peninjauan Kembali
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Putusan Kepada Pemohon Peninjauan Kembali
              • Biaya PNBP Akta Pemberitahuan Putusan Kepada Termohon Peninjauan Kembali
        7. Biaya Teguran / Aanmaning
          1. Biaya Tetap
            Perincian
            Biaya Proses   :    Rp.       50.000,-
            Redaksi   : Rp.         5.000,-
            Biaya Pencatatan Aanmaning (PNBP)    : Rp.         5.000,-
            Meterai   : Rp.         6.000,-
            Jumlah   : Rp.       66.000,-
          2. Biaya Tidak Tetap
            - Panggilan Pemohon Eksekusi (bila diperlukan)
            - PanggilanTermohon Eksekusi
            Disesuaikan dengan banyaknya para pihak dan sesuai dengan radius domisili Pemohon dan Termohon Eksekusi (Untuk Pemohon eksekusi 2x pemanggilan dan untuk Termohon Eksekusi 3 (tiga) kali panggilan);
        8. Biaya sita, Pengangkatan Sita (untuk 1 sertifikat dan per Desa untuk tanah adat)
          1. Untuk Wilayah Kotamadya
            Redaksi   :    Rp.         5.000,-
            Meterai 2 buah @ Rp. 6.000,-   : Rp.        12.000,-
            Pencatatan   : Rp.        25.000,-
            Pelaksanaan   : Rp.      958.000,-
            Jumlah   : Rp.    1000.000,-
          2. Untuk Wilayah Kabupaten
          3. Biaya Proses   :    Rp.          5.000,-
            Meterai 2 buah @ Rp. 6.000,-   : Rp.        12.000,-
            Pencatatan   : Rp.        25.000,-
            Pelaksanaan   : Rp.   1.208.000,-
            Jumlah   :

            Rp.   1.250.000,-

        9. Panjar Biaya Lelang untuk 1 sertifikat dan per Desa untuk tanah adat):
          Perincian :
          Redaksi   :    Rp.           5.000,-
          Meterai @ Rp. 6.000,-   : Rp.           6.000,-
          Permohonan SKPT, Waktu Lelang, harga NJOP dan Desa   : Rp.        500.000,-
          Pengumuman Lelang I   : Rp.     1.750.000,-
          Pengumuman Lelang II   :

          Rp.     1.750.000,-

          Pemberitahuan Lelang   : Rp.          75.000,-
          Pencatatan Lelang   : Rp.          25.000,-
          Pelaksanaan Lelang   : Rp.     1.500.000,-
          Jumlah   : Rp.     5.611.000,-
          Jumlah   :

          Rp.   1.250.000,-

        10. Panjar Biaya Pengosongan:
          1. Wilayah Kotamadya
            1. Biaya Administrasi
              Redaksi   :    Rp.          5.000,-
              Meterai 2 buah @ Rp. 6.000,-   : Rp.        12.000,-
              Pencatatan   : Rp.        25.000,-
              Pemberitahuan Pengosongan   : Rp.        75.000,-
              Pelaksanaan Pengosongan   :

              Rp.   6.000.000,-

              Jumlah   :

              Rp. 6.117.000,-

            2. Biaya Tidak Tetap
              Biaya Pemberitahuan Pengosongan kepada Para Pihak disesuaikan dengan radius domisili para pihak (1x Pemberitahuan )
          2. Wilayah Kabupaten
            1. Biaya Administrasi
              Redaksi   :    Rp.          5.000,-
              Meterai 2 buah @ Rp. 6.000,-   : Rp.        12.000,-
              Pencatatan   : Rp.        25.000,-
              Pelaksanaan Pengosongan   : Rp.   7.500.000,-
              Jumlah   : Rp.   7.542.000,-
            2. Biaya Tidak Tetap
              Biaya Pemberitahuan Pengosongan kepada Para Pihak disesuaikan dengan radius domisili para pihak (1x Pemberitahuan )
          3. Rapat Koordinasi jika diperlukan Rp. 2.500.000,-
        11. Biaya Pemeriksanaan Setempat
          • Wilayah Kotamadya : Rp. 1.250.000,-
          • Wilayah Kabypaten : Rp. 1.500.000,-
        12. Panjar Consignatie
          1. Kotamadya
            Perincian
            Redaksi   :    Rp.          5.000,-
            Meterai 2 buah @ Rp. 6.000,-   : Rp.        12.000,-
            Biaya Pencatatan Consignatie (PNBP)   : Rp.          5.000,-
            Pelaksanaan   :

            Rp.       750.000,-

            Jumlah   :

            Rp.      772.000,-

          2. Kabupaten
            Perincian
            Redaksi   :    Rp.          5.000,-
            Meterai 2 buah @ Rp. 6.000,-   : Rp.        12.000,-
            Biaya Pencatatan Consignatie (PNBP)   : Rp.          5.000,-
            Pelaksanaan   :

            Rp.      850.000,-

            Jumlah   :

            Rp.    872.000,-

        13. Biaya Perjalanan Pemberitahuan & Panggilan persatu radius lokasi
          Untuk Wilayah Radius I   :    Rp.         75.000,-
          Untuk Wilayah Radius II   : Rp.         85.000,-
          Untuk Wilayah Radius III   : Rp.       100.000,-
          Untuk Wilayah Radius IV   : Rp.       110.000,-
          Untuk Wilayah Radius V   : Rp.       120.000,-
          Untuk Wilayah Radius VI   : Rp.       130.000,-
          Untuk Wilayah Radius VII   : Rp.       140.000,-
          Untuk Permintaan Bantuan Delegasi   : Rp.       150.000,-
          Untuk Penerimaan Bantuan Delegasi     : Rp.       150.000,-



Dasar Hukum :

      1. Penetapan Ketua Pengadilan Negeri Bekasi No. W11.U5.3730.HT.01.10/2015 tentang PERUBAHAN PENENTUAN/PENYESUAIAN PANJAR BIAYA, PERKARA PERDATA PADA PENGADILAN NEGERI BEKASI
      2. Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 04 Tahun 2008 tentang Pemungutan Biaya Perkara;
      3. Peraturan Mahkamah Agung No. 03 Tahun 2012 tentang Biaya Proses Penyelesaian Perkara dan Pengelolaannya Pada Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya.