• This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
  • +6221 8895 5971

Articles



SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara)/CTS (Case Tracking System) merupakan Aplikasi Sistem Informasi untuk Penerlusuran Alur Perkara yang berbasis web.

CTS merupakan Program kerjasama Mahkamah Agung melalui Ditjen Badan Peradilan Umum bersama USAID dengan program C4J (Changes For Justice), memberikan bantuan kepada Mahkamah Agung dalam peningkatan kapasitas pelayanan Sistem Informasi Penelusuran Perkara di Pengadilan yang berbasis Teknologi Informasi. Ditjen Badilum juga membagikan Source Program dari aplikasi ini ke satker-satker yang akan menerapkan CTS atau dengan cara lain Source Program tersebut juga bisa diunduh dari link yang telah disediakan.

CTS (Case Tracking System) Versi 01

CTS Versi 01 ini diluncurkan di Pengadilan Negeri Palembang pada tanggal 23 Maret 2011 bersama dengan 3 (tiga) Pengadilan lainnya yaitu Pengadilan Negeri Bandung, Pengadilan Negeri Surabaya dan Pengadilan Negeri Samarinda oleh Ketua Mahkamah Agung pada saat itu Bapak Dr. Harifin A. Tumpa, SH., MH. Aplikasi ini melibatkan seluruh elemen Pengadilan mulai dari Staf, Panitera Pengganti sampai Ketua Pengadilan, dimana masing-masing elemen memiliki peran yang sama pentingnya demi memaksimal aplikasi CTS. Spesifikasi Minimum untuk CTS Versi 01 adalah Processor Intel Core 2 Duo 2.4 Ghz, Memory 2 GB, Harddisk 320 GB, Maximum Client Access berjumlah 5 Client.

CTS (Case Tracking System) Versi 02

CTS Versi 02 ini diluncurkan di Pengadilan Negeri Denpasar pada tanggal 17 Desember 2012 oleh Ketua Mahkamah Agung Bapak Dr. H. M. Hatta Ali, SH., MH. Sama halnya seperti CTS versi 01, CTS versi 02 merupakan Pengembangan dari CTS Versi 01. CTS Versi 02 ini memiliki fitur atau fungsi yang lebih lengkap di banding pendahulunya. Tidak hanya itu, Pengadilan Tingkat Banding menjadi bagian yang tidak terpisahkan baik sebagai supervisi maupun pengawasan pada aplikasi ini. Spesifikasi Minimum untuk CTS Versi 02 adalah Processor Intel i3 3.3 Ghz, Memory 2 GB, Harddisk 500 GB, Maximum Client Access berjumlah 5 Client.